Connect with us

Komunitas

Dorong Warga Bersepeda, Pemkab Subang Didorong Buat Jalur Khusus Pesepeda di Pusat Kota

Published

on

Foto : Ilustrasi

SUBANG,Lampusatu.com – Untuk mendorong warga untuk ikut bersepeda dalam menjalankan aktivitasnya, Pemerintah Kabupaten Subang diminta untuk membuatkan jalur khusus pesepeda di sejumlah titik jalan utama pusat kota Subang.

Permintaan itu salah satunya datang dari komunitas sepeda Subang Cyclus, Nanan Aloez. Menurutnya, terkait pembuatan jalur pesepeda tersebut sangatlah bagus untuk memberikan hak kepada warga Subang  agar lebih aman dan nyaman menggunakan sepeda tanpa takut ditabrak pengendara motor dan mobil lainnya. Diantaranya, sepanjang  jalur Otista Subang, jalan Kertawigenda Subang, dan jalan Ahmad Yani Subang, Jalan KS.Tubun, Jalan Aria Wangsa goparana, dan Jalan Mayjen Sutoyo Subang.

Baca juga  Semarak Kejuaraan Renang Antar Pelajar se- Jawa Barat di Subang

“Diharapkan  setelah ada jalur khusus sepeda, dalam waktu cepat atau lambat banyak para pelajar dan pegawai di pemerintahan dan perusahaan yang rumahnya di dekat perkotaan lebih memilih menggunakan sepeda dibandingkan menggunakan motor. Selain mereka bisa lebih hemat tanpa mengeluarkan ongkos untuk membeli BBM, juga mendukung Subang yang bebas dari polusi yang ditimbulkan dari knalpot mobil dan motor,”ujar Nanan kepada Lampusatu.com , Kamis (7/11/2019).

Dijelaskan dia, masih banyak orang yang menilai kalau sepeda adalah kendaraan untuk orang miskin atau kalangan menengah ke bawah, terutama di negara-negara berkembang. Tetapi kenyataannya banyak pengendara sepeda di beberapa kota besar termasuk di Subang pun adalah orang-orang yang mampu, bahkan boleh dibilang orang-orang kaya.

Baca juga  Didampingi Istrinya, Bupati Subang Buka Turnament Volley Ball di Desa Cinangsi

“Sehingga hal ini bisa dianggap sebagai bentuk Kepedulian mereka terhadap lingkungan dan membuat mereka beralih dari kendaraan bermotor ke kendaraan non-motor, yaitu moda transportasi sepeda,”terangnya.

Dengan cara membuatkan jalur pesepeda oleh Pemerintah juga lanjut Nanan, artinya secara tidak langsung kita mengundang warga untuk gemar bersepeda.

“Saya yakin kalau disediakan maka akan menyumbang angka gerakan bebas berkendaraan bermotor di dunia. Kegiatannya bisa melibatkan seluruh komponen masyarakat. Tua muda, bahkan anak-anak, banyak yang bersepeda, termasuk juga ada yang sembari mengasuh anak balitanya dengan menggunakan sepatu roda atau sepeda mini. Mereka sangat menikmati kegiatan bebas kendaraan bermotor ini,”jelasnya.

Baca juga  Sprinter Indonesia, Muhammad Zohri Raih Medali Emas di 1st Malaysia Open

Secara terpisah, Budianto , salah satu anggota komunitas sepeda  di Subang, berharap kepada Pemkab Subang bisa segera membuatkan untuk jalur pesepeda di sejumlah pusat kota Subang. Terutama, manfaat jalur sepeda itu saat masuk di hari-hari libur karena padatnya kendaraan yang datang dari luar kota Subang.

“Nah kalau ada jalur khusus pesepeda, maka  pesepeda tidak akan terganggu dan bisa lebih aman dan nyaman bersepeda berkeliling di pusat kota Subang,”pungkasnya.

 

 

 

Galih Andika

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *