Connect with us

Komunitas

Kuswara Didaulat Pimpin LSM Jaga NKRI

Published

on

Foto: Jajaran baru pengurus Lembaga Swadaya Masyarakat Jaring Garuda Negara Kesatuan Republik Indonesia (LSM Jaga NKRI).

PURWAKARTA,Lampusatu.com – Membangun kembali kepercayaan masyarakat sekaligus sebagai pengawas terhadap kinerja lembaga peradilan dan pemerintahan, Membantu masyarakat dan mengembangkan ekonomi kerakyatan khususnya di wilayah Kabupaten Purwakarta.

Lembaga Swadaya Masyarakat Jaring Garuda Negara Kesatuan Republik Indonesia (LSM Jaga NKRI) hadir dengan kepengurusan baru yang dipimpin oleh Mantan Ketua PC PMII Purwakarta, Kuswara.

“LSM Jaga NKRI terlahir atas reaksi atas keprihatinan terhadap negeri ini terutama terkait kondisi ekonomi dan perkembangan penegakan hukum di Indonesia,” kata Ketua DPC LSM Jaga NKRI Kabupaten Purwakarta, Kuswara kepada awak media, Jumat (21/6/2019).

Baca juga  Soebang Poenja Tjerita Sukses Gelar Ramadhan Hunter Leadership ke -2

Sementara, dari sisi perekonomian, Kuswara mengatakan, Jaga NKRI akan mengajak masyarakat untuk menggali dan memanfaatkan potensi sumber daya masyarakat dan alam untuk pembangunan, serta menciptakan iklim agar masyarakat terdorong untuk giat berusaha dan berinovasi.

“Dan dari sisi hukum, Jaga NKRI siap dengan advokasi dan bantuan hukum kepada masyarakat,” katanya.

Sebagai organisasi sosial, Jaga NKRI akan lebih mengedapankan kualitas dari pada kuantitas. Banyak atau sedikitnya anggota bukan jadi patokan, kita akan lebih banyak menghimpun kalangan professional.

Baca juga  Komunitas Sundanese Squad Subang West Java Berbagi Takjil Gratis

“Dengan banyaknya kaum professional seperti itu, Jaga NKRI mampu mandiri,” kata Mantan Aktivis PMII itu.

Masih kata Kuswara, juga mengungkapkan Jaga NKRI telah kenal masyarakat dalam perannya sebagai LBH dengan bantuannya kepada warga masyarakat yang tengah mengahadapi masalah hukum namun memiliki keterbatasan dalam membiayai jasa advokasi.

Kuswara menjelaskan bahwa lembaganya akan meningkatkan sinergi dengan sejumlah lembaga dan intansi diantaranya, Kepolisian, TNI dan Pemerintah Daerah di tingkat kabupaten.

Baca juga  Komunitas Hong Kenalkan Kembali Permainan Menumpuk Batu di Sungai "Papancakan"

Hal ini mengingat sepak terjang Jaga NKRI yang telah berhasil dalam pendampingan hukum bagi masyarakat bawah di Purwakarta dan Subang, maka sinergitas dengan dengan tiga lembaga tersebut sangat signifikan.

“Apa yang telah dicapai sebelumnya sangat luar biasa, tentu ini menjadi tantangan tersendiri bagi kepengurusan baru ini. Pendampingan hukum bagi masyarakat tetap jadi prioritas, maka selanjutnya adalah meningkatkan sinergi dengan TNI, Polri dan Pemerintah di Kabupaten Purwakarta,” pungkasnya.

 

Wartawan : Alif