Bupati Subang : Pemanfaatan Lahan Perhutani untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

SUBANG,Lampusatu.com –  Bupati Subang, H. Ruhimat menerima kunjungan silaturahmi dari ADM Perhutani Purwakarta, Kamis (17/9/2020).

Kegiatan silaturahmi dihadiri langsung Uum Maksum, S. HUT., MM selaku Administratur Perhutani Purwakarta sebagai bentuk memperkenalkan diri dan menyampaikan MoU yang sudah ditandatangani.

Kang Jimat sapaan akrab Bupati Subang menyambut baik silaturahmi Perhutani, mengingat saat ini perhutani sangat berperan penting dalam pembangunan di Kabupaten Subang.

Ada banyak lahan perhutani yang akan dimanfaatkan selain pembangunan jalan-jalan baru, juga akan dimanfaatkan untuk  sentra komoditas ketahanan pangan, pertanian, perkebunan dan juga peternakan.

Baca juga  H+5 Lebaran, Arus Balik di Ruas Tol Cipali KM 73 Ramai Lancar

Dalam kesempatan silaturahmi tersebut Kang Jimat menyampaikan rencana pembangunan di kabupaten Subang yang mana diantaranya memanfaatkan lahan Perhutani dan PTPN.

Pihak administratur Perhutani Purwakarta, Uum Maksum mendukung berbagai upaya yang akan dilakukan Pemkab Subang, selain itu melihat adanya keinginan Pemkab Subang yang ingin meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Subang, baik dengan skema gapoktan ataupun koperasi.

Baca juga  Temui KSAD, Ruhimat Bahas Soal Percepatan Ketahanan Pangan di Subang

Administratur Perhutani Purwakarta menyampaikan pemerintah pusat yang diwakili oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memiliki 2 agenda besar. Sebanyak dua agenda besar tersebut adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar hutan dan juga penciptaan model pelestarian hutan yang efektif.

“Agenda besar dari KLHK ini menjadi fokus utama dalam program-program yang akan dijalankan nantinya,”ucapnya.

Berdasarkan dua agenda tersebut maka pemerintah dalam hal ini KLHK membuat suatu program yang dapat menciptakan keharmonisan antara peningkatan kesejahteraan rakyat dan pelestarian hutan. Program yang diusung ini adalah program Perhutanan Sosial.

Baca juga  Gunung Hejo di Purwakarta Tempat Patilasan Kasuhunan Prabu Siliwangi

Perhutanan Sosial adalah Sistem pengelolaan hutan lestari yang dilaksanakan dalam kawasan hutan negara atau hutan hak/hutan adat yang dilaksanakan masyarakat setempat untuk meningkatkan kesejahteraannya, keseimbangan lingkungan dan dinamika sosial budaya, melalui skema, pertama Kemitraan Kehutanan (Kulin KK) atau pengakuan perlindungan kemitraan kehutanan, dan kedua Ijin Pemanfaatan Hutan Perhutanan Sosial (IPHPS).

 

Galih Andika

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini