1,6 Juta PNS Bakal Dimutasi ke Desa, Beneran Nih?

JAKARTA,Lampusatu.com – Sebanyak 1,6 juta pegawai negeri sipil (PNS) tenaga administrasi dikabarkan akan dimutasi ke desa oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo pun mengklarifikasi kabar tersebut. Menurutnya bukan mutasi yang akan dilakukan.

“Salah pemahaman sebenarnya, tidak ada istilah mutasi di desa,” kata Tjahjo melalui pesan singkat kepada detikcom, Senin (3/8/2020).

Baca juga  Kakorlantas: Arus balik Lebaran 2020 Turun 70 persen

Dia mengungkapkan bahwa ada kalanya terjadi kekosongan tenaga-tenaga di pedesaan. Oleh karena itu PNS tenaga administrasi ini ditugaskan untuk mengisi kekosongan tersebut.

“Intinya bahwa secara keseluruhan, terdapat 4,2 juta ASN, 70% di antaranya ada di daerah, dan 1,6 juta di antaranya adalah tenaga administrasi yang tersebar di pusat maupun di daerah. Dalam posisi seperti ini, seringkali tenaga administrasi mengisi kekosongan tenaga-tenaga yang masih kurang di daerah pedesaan,” tambahnya.

Baca juga  Banjir Dahsyat NTT, Warga Temukan Mayat di Laut Terbaring di Atas Kasur
Baca juga  Kemenkes Tidak Anjurkan Pemda Gunakan Bilik Disinfeksi

Dihubungi terpisah, Plt Deputi Sumber Daya Manusia Aparatur Kementerian PAN-RB Teguh Widjanarko mengungkapkan tujuan dilakukannya kebijakan tersebut untuk memperlancar pembangunan di daerah-daerah.

“Ya untuk memperlancar pembangunan di daerah-daerah yang kekurangan, kekurangan tenaga itu,” sebutnya.

Mereka yang dikirim ke desa pun adalah PNS tenaga administrasi yang memiliki potensi untuk dikembangkan lebih lanjut. Jadi belum tentu 1,6 juta PNS tersebut semuanya akan dikirim ke desa.

Baca juga  WNI Positif Terinfeksi Virus Korona di Singapura, Boleh Pulang ke Indonesia Asal Sehat Dulu

“Iya yang punya potensi, sekali lagi ya kuncinya yang punya potensi yang bisa dikembangkan, nggak semuanya, yang punya potensi. Nanti kita punya standar kompetensi jabatan tersendiri,” tambahnya.

Baca juga  Calon-calo Tenaga Kerja Mengganas, Menaker Ida Fauziyah: Kita Harus Berjuang Keras Melawan!

Sumber : detik.com

Populer

Berita terbaru

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini