Bisnis Internet IndiHome Dikepung 3 BUMN, Erick Tegasnya Ini!

12

Lampusatu.com – Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kini ramai-ramai melebarkan usahanya ke penyedia layanan internet. Apa rencana Menteri BUMN Erick Thohir selanjutnya.

Seperti diketahui, PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usahanya PT Jasa Marga Related Business (JMRB) menyediakan jasa layanan internet.

Ada juga PT Perusahaan Gas Negara Tbk atau PGN memiliki bisnis internet di bawah PT Telemedia Dinamika Sarana dengan brand untuk produk internetnya bernama Gasnet.

Berikutnya ada PT PLN (Persero) terjun ke bisnis internet melalui anak usahanya PT Indonesia Comnets Plus (ICON+). Melalui anak usahanya tersebut, BUMN setrum ini melahirkan produk layanan internet broadband full fiber optic dengan nama Iconnet yang diluncurkan pada 31 Mei 2021 lalu. Sebelumnya brand dikenal dengan nama Stroomnet.

Baca juga  DPR Ancam Bubarkan BNN ?

Menteri BUMN Erick Thohir pun berencana melakukan konsolidasi perusahaan pelat merah dalam melayani jasa penyedia internet.

Hal ini ditegaskan Erick menyusul masuknya sejumlah perusahaan BUMN ke lini bisnis jasa layanan internet yang sudah lebih dahulu dijalankan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) lewat IndiHome.

“Memang ada catatan bagaimana kondisi beberapa BUMN yang mengembangkan usahanya di luar klasterisasi,” kata Erick dalam Rapat Kerja dengan Komisi V DPR, Senin (30/8/2021).

Baca juga  Siap-siap, Pengusaha yang Tak Bayar THR Karyawannya Bakal Kena Sanksi

“Jujur memang ada satu dua BUMN yang sedang kita dalami, salah satunya memang kalau dalam pembicaraan internal kami karena ada rapim (rapat pimpinan) mingguan, mengenai tadi ICON+ dengan Telkom (IndiHome). Nah ini kita lakukan,” kata Erick.

Oleh karena itu menurut Erick, perlu ada konsolidasi bisnis antar-BUMN yang memiliki lini usaha yang sama.

Baca juga  Komisi III DPR dari Fraksi PDIP Usulkan ke Kapolri Program Anti Polisi Perut Buncit

“Karena tentu selama ini kenapa dari dulu kita paparkan sejak awal, ketika kita konsolidasikan antara BUMN yang mempunyai hotel itu kita konsolidasikan, kalau lihat rumah sakit juga kita konsolidasikan. Ini memang tidak lain tadi supaya lebih efektif, lebih sinkron, ini menjadi catatan bagian dari kerja sama itu,” tegas Erick.

Sumber : CNBCIndonesia

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini