Connect with us

Nasional

BPJS Kesehatan Berencana Lakukan Penagihan Secara Door to door

Published

on

Foto : Ilustrasi

SUBANG,Lampusatu.com – Pemerintah tetap akan menaikkan iuran peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Kesehatan. Hal ini dilakukan untuk mengatasi defisit BPJS Kesehatan yang angkanya tiap tahun terus bertambah.

Kenaikan iuran akan diberlakukan bagi peserta BPJS Kesehatan non Penerima Bantuan Iuran (BPBI) kelas I dan II. Menteri Keuangan Sri Mulyani sebelumnya membeberkan usulan kenaikan untuk kelas 1 hingga II mencapai 100 persen. Kelas I naik menjadi Rp160 ribu, kelas II menjadi Rp110 ribu dari Rp51 ribu, dan kelas III dari Rp25.500 menjadi Rp42 ribu per bulan per peserta. Tapi kenaikan iuran untuk kelas III mendapat penolakan dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Baca juga  Korlantas Polri Akan Luncurkan SmartSIM 

Sementara itu, Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo bilang bahwa rencana kenaikan iuran untuk kelas I dan II mulai efektif awal tahun 2020 mendatang. “Yang kelas I dan II mulai 1 Januari 2020 jadi Rp160 ribu dan Rp110 ribu, sehingga kami bisa sosialisasi untuk masyarakat,” katanya, belum lama ini, seperti dikutip dari VIVAnews.

Kenaikan ini penting dilakukan untuk mencegah defisit anggaran yang jumlahnya makin besar di masa depan. Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris memproyeksikan, tanpa kenaikan iuran maka BPJS Kesehatan akan mengalami defisit sebesar Rp39,5 triliun pada tahun ini. Setahun kemudian akan menjadi Rp50,1 triliun. Kemudian pada 2022 menjadi Rp58,6 triliun dan menjadi Rp67,3 triliun pada 2023 hingga pada 2024 mencapai Rp77,9 triliun.

Baca juga  Presiden Jokowi Terima Lencana Tunas Kencana

BPJS Kesehatan pun berencana melakukan penagihan secara door to door. Hal ini dilakukan demi meningkatkan kolektibilitas atau penagihan iuran para peserta. Sementara penagihan yang dilakukan selama ini adalah dengan self collecting, seperti melalui pesan singkat dan email. Sayangnya, cara itu belum efektif.

 

 

Sumber : Viva.co.id

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *