Gubernur Jabar Siapkan 28 Rumah Sakit di Jabar Untuk Tangani Pasien Corona, Termasuk RSUD Ciereng

BANDUNG,Lampusatu.com -Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyiapkan sedikitnya 28 rumah sakit daerah di wilayah Jawa Barat untuk menangani pasien virus corona (covid-19).

Dia juga secara khusus menyiagakan Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) untuk menangani pasien corona di wilayah Bandung dan sekitarnya.

“Jawa Barat sudah menyiapkan sekitar 28 rumah sakit dan RSHS sebagai tempat untuk proses hal ini,” kata Emil, sapaan akrabnya, di Gedung Balai Kota Depok, Jawa Barat, Senin (2/3) malam.

Untuk wilayah Depok, Emil memastikan semua rumah sakit daerah bisa menerima pasien dengan gejala corona. RSUD Depok misalnya, disiagakan untuk cepat tanggap dalam penanganan pasien yang merasa terinfeksi virus ini.

Baca juga  Pengacara : Kivlan Zein Ditahan Selama 20 Hari

“Jadi nanti Rumah Sakit Umum Daerah Bu Direktur tadi sudah melaporkan 1 lantai siap minimal ada 30 kapasitas untuk isolasi. Itu sudah siap jaga-jaga dibutuhkan,” kata Emil.

Dalam kesempatan itu, Emil juga membuka peluang bagi rumah sakit swasta yang ingin berpartisipasi penanganan pasien corona di wilayah Jawa Barat. Jika pihak swasta ingin berpartisipasi, menurut Emil, akan lebih baik melaporkan hal tersebut ke pemerintah.

“Nanti biar dapat clearance dari tim krisis center,” jelasnya.

Pemerintah Indonesia telah memastikan wabah virus corona masuk ke Indonesia. Bahkan telah ada warga negara Indonesia yang terserang virus ini dan tengah menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianto Suroso.

Baca juga  Jokowi Teken Perpres, Pidato Presiden di Luar Negeri Wajib Pakai Bahasa Indonesia

Korban adalah warga Depok, seorang ibu berusia 64 tahun dan putrinya berusia 31 tahun. Pemerintah menjelaskan bahwa dua warga Depok itu terinfeksi usai bertemu warga negara Jepang yang selama ini tinggal di Malaysia. WN Jepang itu sempat berkunjung ke Indonesia.

Begitu kembali ke Malaysia, dia langsung dirawat usai dinyatakan positif mengidap virus corona oleh petugas bandara setempat.

WN Jepang tersebut kemudian mengabari temannya melalui telepon bahwa dirinya positif corona. Perempuan 31 tahun itu pun lalu menyampaikan kepada dokternya.

“Ditelpon oleh temannya itu (WN Jepang) sendiri, kemudian dia menyampaikan informasi ke tim dokter, akhirnya dilakukan pemindahan ke RS Sulianti Saroso, tanggal 1 langsung kita lakukan cek, hasilnya tadi pagi, orang dengan pengawasan, tracking sudah jalan. cewek ini bersama ibunya dua-duanya kita cek,” kata Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto di RS Penyakit Infeksi Sulianti Saroso, Jakarta Utara, Senin (2/3).

Baca juga  Iuran BPJS Kesehatan Resmi Naik Mulai 1 Januari 2020

Sedangkan di Jawa Barat dari 28 Rumah Sakit, diantaranya 7 rumah sakit yang dijadikan rujukan penanganan Covid-19. Ketujuh rumah sakit tersebut adalah RSU Dr Hasan Sadikin Bandung, RSU Dr Slamet Garut, RSU Gunung Jati Cirebon, RSTP Dr H.A Rotinsulu Bandung, RSU R. Syamsudin Sukabumi, RSU Indramayu dan RSU Subang.

Sumber : CNNIndonesia.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini