Ketua Satgas : Vaksin dan Masker Layaknya Payung Saat Hujan

16

Lampusatu.com – KETUA Satgas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Ganip Warsito melakukan peninjauan vaksinasi di Pendopo Aspirasi DR Ahmad Basarah, Karang Ploso, Kabupaten Malang, Minggu (12/9).

Ganip menyampaikan bahwa dalam hal penanganan covid-19 di tanah air perlu adanya perubahan perilaku secara disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan. Diberikan contoh sebagai analogi, fungsi payung saat musim hujan bahwa payung tidak bisa menghentikan hujan, akan tetapi bisa melindungi dari air hujan.

Baca juga  Gaji Pekerja Bakal Dipotong 2,5 Persen untuk Iuran Tapera ?

Begitu pula penggunaan masker dan vaksinasi. Keduanya tidak menghilangkan covid-19 akan tetapi, mampu melindungi dari terpapar dan mencegah terjadinya pemburukan jika terpapar.

“Penggunaan masker dapat melindungi kita dari paparan Covid-19, vaksinasi juga mampu mecegah terjadinya pemburukan apabila terpapar,” kata Ganip dalam keterangannya Minggu (12/9).

“Jadi walaupun kita sudah di vaksin, harus tetap pakai masker,” sebut Ganip.

Berdasarkan data vaksinasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) per Sabtu (11/9) menyebutkan bahwa capaian vaksinasi di Kabupaten Malang dosis pertama sebesar 23,26% dan dosis kedua 11,11%. Sedangkan untuk Provinsi Jawa Timur capaian dosis pertama sebesar 36,31% dan dosis kedua 19,85%. Dengan ini menempatkan Jawa Timur di posisi ke 7 dalam pencapaian vaksinasi skala nasional.

Baca juga  Jokowi Heran BUMN Sakit Kok Dapat Suntikan Modal Negara

Dalam peninjauan ini, Ganip juga menyerahkan bantuan berupa 10.000 masker. Sebelumnya dalam rangkaian Gerakan Mobil Masker sebanyak 500 ribu masker dibagikan untuk seluruh lapisan masyarakat di wilayah Malang Raya.

Giat vaksin ini, merupakan bentuk nyata dalam memerangi pandemi Covid-19. Diharapkan momentum positif ini tetap dijaga dan dijadikan sebagai transisi dari pandemi menuju epidemi.

Baca juga  Dampak Corona, Bulan Ramadhan Tahun Ini Tak Ada Bukber ?

Turut hadir dalam peninjauan Bupati Malang M. Sanusi, Wakil Ketua DPR RI Ahmad Basarah, serta para Tenaga Ahli di Lingkungan BNPB.

Sumber : MediaIndonesia

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini