Connect with us

Nasional

Polri Minta Publik Percayakan Keamanan Asian Games kepada TNI/Polri

Published

on

Foto : Ilustrasi (Dok)

JAKARTA,Lampusatu.com,- Wakil Kepala Polri Komjen Pol Syafruddin meminta masyarakat percaya kepada aparat untuk mengamankan ajang Asian Games 2018.

Adapun Asian Games mendatang akan digelar di Jakarta dan Palembang pada 18 Agutus 2018 hingga 2 September 2018.

“Kepada masyarakat untuk tetap tenang, percayakan kepada aparat keamanan,” kata Syafruddin di Kantor Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Jakarta, Kamis (17/5/2018), dilansir dilaman kompas.com.

Apalagi, kata Syafruddin, ia juga telah menginstruksikan jajarannya tetap profesional mengamankan pesta olahraga terbesar di Asia tersebut.

“Profesionalisme lebih ditingkatkan, dimatangkan,” kata dia.

Menurut Syafruddin, kepercayaan masyarakat di dalam negeri penting untuk membuat masyarakat internasional juga kembali percaya dengan keamanan Indonesia.

“Maka kepercayaan publik, apalagi internasional ini akan segera pulih. Travel advice itu akan segera pulih. Ini perlu dukungan kuat,” kata dia.

Polri, kata Syafruddin, juga telah melakukan berbagai langkah antisipasi pengamanan Asian Games 2018, di tengah berbagai serangan aksi teror yang ada.

Apalagi, Polri juga mendapatkan bantuan dari TNI.

“Mudah-mudahan hari ke depan bisa lebih baik. Tidak ada apa-apanya TNI-Polri tanpa dukungan kuat dari masyrakat,” kata Syafruddin.

“Supaya agenda nasional dan internasional kita tetap berjalan, tidak terganggu,” ujar dia.

Sebelumnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, Polri akan mengerahkan 100.000 personel untuk mengamankan perhelatan Asian Games 2018.

Jumlah itu, menurut Kalla, cukup untuk mengamankan pesta olahraga terbesar di Asia itu.

“Polisi mempersiapkan 100.000 pasukan bersama TNI. Jauh lebih banyak (jumlah personel) keamanan daripada atlet. Lima kali lipat (perbandingannya). Baik keseluruhan maupun personal dijaga, untuk cegah Jakarta ada terorisme,” kata Kalla, saat ditemui di Monas, Jakarta, Minggu (13/5/2018).

Selain itu, Polri juga diketahui telah menyiapkan personel keamanan cadangan untuk mengamankan penyelenggaraan Asian Games 2018.

Tak hanya itu, kata Syafruddin, Polri juga didukung oleh TNI untuk mengamankan tamu-tamu VIP (very important person) seperti kepala negara asing dan lainnya.

Ia menjamin bahwa personel yang disiapkan dan disiagakan Polri sudah sesuai dengan standar internasional.

Red : Galih Andika

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *