Connect with us

Nasional

Sebut Hibah KONI Rawan Korupsi, Roy Suryo Ungkap Pengalamannya

Published

on

Foto : Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Roy Suryo.

JAKARTA,Lampusatu.com – Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo menyebut dana hibah KONI dari Kemenpora memang rawan dikorupsi. Saat menjabat sebagai Menpora, Roy mengaku pernah mendengar saran negatif tentang pengelolaan dana hibah KONI.

“Begini, (dana hibah KONI) memang sangat rawan (korupsi). Saya cerita ketika zaman saya. Setiap tahun itu selalu ada penganggaran untuk KONI. Anggarannya memang kita tergantung dari usulan yang ada dan dari pagu yang sudah ada dari pemerintah,” kata Roy kepada wartawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (19/9/2019).

Roy mengaku sempat mendengar saran agar dana hibah KONI tidak langsung dicairkan dan diserahkan. Politikus Partai Demokrat itu menyebut kalau anggaran KONI bisa ‘diputar’.

Baca juga  Mantan Panglima TNI Jadi Staf Kepresidenan Joko Widodo

“Nah memang, terus terang saja, banyak juga suara yang saya dengar, saya kan dulu menggantikan Mas Andi (Andi Mallarangeng) kan, katanya, ‘ini menteri baru bego amat, kaya gitu (dana hibah) kan sebenarnya bisa diputar dulu, Pak’, begitu,” terang Roy.

“Misalnya ditahan dulu, kan lumayan, sebelum gitu (dicairkan) kan nggak ngurangi duitnya aja udah lumayan bunganya,” imbuhnya.Namun Roy mengaku tidak melakukan hal tersebut. Dia mengklaim selalu langsung menyerahkan ke KONI ketika dana hibah bisa dicairkan.

“Ya boleh ditanyakan, ke kantor Kemenpora saya langsung kasih saat itu meskipun kemudian muncul suara-suara, suara gaib mengatakan, ‘ini bego amat’. Tetapi saya bilang itu bukan hak kita, itu memang harus diserahkan,” ucap Roy.

Baca juga  Kerjasama Dahana dan LAPAN Wujudkan Swasembada Roket di Indonesia

Seperti diketahui, Imam Nahrawi  selaku Menpora ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK dalam kasus dugaan suap dana hibah KONI. Roy prihatin dengan kondisi Imam. “Sekali lagi saya sangat prihatin dan sangat menyayangkan itu terjadi. Apalagi melihat prestasi olahraga yang, saya objektif ya, di tangan yunior saya ini, di tangan Cak Imam ini agak lumayan,” tuturnya.

Imam sendiri sudah mengajukan pengunduran diri dari jabatan Menpora ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). Terkait jabatan Menpora, Roy menyarankan agar Jokowi menunjuk pelaksana tugas (Plt).

Baca juga  Jokowi Bentuk Koopssus TNI dari Tiga Matra

“Nah menurut saya tidak efektif kalau ada pejabat (menteri) baru, pejabat baru nanti penyesuaian. Sudahlah yang ada, plt saya kira bisa, sesmen (Sesmepora) bisa melakukan tugasnya. Jadi sesmen sebagai plt,” tutur dia. Pagi tadi, Jokowi mengaku sudah menerima surat pengunduran diri Imam dari jabatan Menpora. Jokowi mengatakan tengah mempertimbangkan keputusan penggantian posisi Menpora.

“Tentu saja akan kita segera kita pertimbangkan apakah segera diganti dengan baru atau memakai Plt,” ungkap Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta.

 

 

Sumber : Detik.com

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *