Joan Mir Juara Dunia MotoGP 2020, Akhiri Penantian 20 Tahun Suzuki

JAKARTA,Lampusatu.com – Hasil MotoGP Valencia 2020 sudah bisa disimak. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) keluar sebagai juara. Di posisi kedua Jack Miller (Ducati Pramac), dan Pol Espargaro melengkapi posisi tiga. Pun secara resmi Joan Mir resmi mengukuhkan sebagai jawara MotoGP 2020.

Pada balapan yang dihelat di sirkuit Ricardo Tormo, Valencia Minggu (15/11/2020) malam WIB, Franco Morbidelli yang memegang pole position langsung melesat dan memimpin jalannya balapan, diikuti Jack Miller, dan Pol Espargaro.

Nasib kurang baik menimpa Fabio Quartararo, start dari posisi ke-11 ia melebar di tikungan kedua saat balapan baru dimulai. Hingga akhirnya terjatuh di tikungan enam saat balapan menyisakan 19 putaran.

Saat balapan menyisakan 8 laps lagi, pebalap LCR Honda, Taakaki Nakagami harus memarkirkan motornya lebih cepat. Rider asal Jepang itu terjatuh di tikungan akhir usai berebut tempat ketiga dengan Pol Espargaro.

Baca juga  Dukung Khabib Kalahkan Gaethje, Cristiano Ronaldo: Insya Allah Menang!

Sedangkan Joan Mir perlahan namun pasti pelan-pelan naik ke posisi 9. Hingga memasuki lap ke-7 ia berhasil menyalip Aleix Espargaro, membuatnya berada di urutan ke-8. Posisinya naik ke urutan ke-7 usai Nakagami terjatuh.

34 menit sudah berlangsungnya balapan, hanya tersisa lima laps lagi. Morbidelli terus memimpin balapan dengan Jack Miller yang terus membututinya. Pebalap asal Ducati itu terus menajamkan waktu dari lap ke lap.

Saat putaran terakhir, Miler berusaha menyalip Morbidelli. Tapi pebalap Yamaha itu berhasil mempertahankan keunggulannya dengan menyelesaikan catatan waktu 41 menit 22,478 detik. Miller finis di posisi kedua hanya berjarak 0,093 detik, lalu Pol Espargaro 3,006 detik. Melengkapi lima besar ditempati Alex Rins (Suzuki Ecstar) dan Brad Binder (KTM).

Baca juga  Hasil MotoGP Andalusia, Valentino Rossi Naik Podium Setelah 1 Tahun Lebih

Joan Mir berhasil mengunci gelar juara dunia usai finis di posisi ke-7. Vinales tidak memenangkan balapan, ditambah Quartararo retired dan Rins hanya finis di posisi empat.

Mir berhasil mengoleksi 171 poin, unggul 29 poin dari Franco Morbidelli yang berada di posisi kedua klasemen sementara MotoGP. Lewat torehan ini, Mir berhasil mengukuhkan gelar juara dunia, meski ada satu seri tersisa di MotoGP Portugal.

Joan Mir mengakhiri paceklik panjang Suzuki dalam perebutan gelar juara dunia MotoGP. Ia jadi rider Suzuki pertama yang merebut titel sejak Kenny Roberts Jr pada 2000.

Baca juga  Menyongsong Porda Jabar 2022, LAK Galuh Pakuan Bakal Buka Akademi Bela Diri

Berikut hasil lengkap balapan MotoGP Valencia 2020:

1 Franco Morbidelli ITA Petronas Yamaha (YZR-M1)
2 Jack Miller AUS Pramac Ducati (GP20)
3 Pol Espargaro SPA Red Bull KTM Factory (RC16)
4 Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)
5 Brad Binder RSA Red Bull KTM Factory (RC16)
6 Miguel Oliveira POR Red Bull KTM Tech3 (RC16)
7 Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)
8 Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (GP20)
9 Aleix Espargaro ITA Aprilia Gresini (RS-GP)
10 Maverick Viñales SPA Monster Yamaha (YZR-M1)
11 Francesco Bagnaia ITA Pramac Ducati (GP20)
12 Valentino Rossi ITA Monster Yamaha (YZR-M1)
13 Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V)
14 Stefan Bradl GER Repsol Honda (RC213V)
15 Danilo Petrucci ITA Ducati Team (GP20)

Sumber : detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini