Connect with us

Opini

Apa Itu Corona Virus (COVID-19) dan Apa Yang Harus Kita Lakukan?

Published

on

Foto : Ilustrasi.

Pada bulan desember 2019 Cina mengumumkan kepada dunia bahwa terdapat virus yang menyebar pada penduduk mereka. Setelah beberapa bulan berlanjut, virus itu menyebar ke negara-negara lain dengan kasus yang bertambah setiap harinya.

Dilansir dalam laman https://sites.google.com/view/sourcescorona, virus ini adalah SAR-COV-2 (Severe Acute Respiratory Syndrome-Related Coronavirus 2) yang menyebabkan penyakit COVID-19 dan kita menyebutnya Coronavirus.Virus adalah mikroorganisme patogen yang menginfeksi sel makhluk hidup dan bisa dibilang bukan makhluk hidup.

Virus hanya bisa memperbanyak diri dengan cara memasukin sel hidup. Corona virus mungkin menyebar melalui permukaan, tetapi belum diketahui virus itu bisa bertahan berapa lama disana. Cara utama penyebarannya diperkirakan melalui tetesan seseorang ketika batuk atau ketika menyentuh seseorang yang sakit kemudian menyentuh wajah sendiri, Contohnya menggosok mata, hidung atau mulut.

Baca juga  Hikmah Anak Belajar di Rumah, Lockdown Covid-19

Setelah masuk ke dalam tubuh, tujuan mereka masuk ke arah pencernaan, limfa atau paru-paru yang menyebabkan efek dramatis. 10 hari setelah terinfeksi jutaan sel tubuh terinfeksi dan mereka menyebar memenuhi paru-paru. virus ini masih belum memberikan dampak yang berlebih akan tetapi virus ini akan segera menyerang kekebalan tubuh orang yang terinfeksi.

Pada umumnya sistem kekebalan tubuh manusia akan kembali normal perlahan, dengan membunuh sel yang terinfeksi dan mencegah virus yang akan menginfeksi kembali. Namun beberapa kasus menjadi parah dan hingga kritis.

Pasien yang terkena pneumonia pernafasannya menjadi berat atau malah gagal dan pasien membutuhkan ventilator untuk bertahan hidup. Sistem kekebalan tubuh telah berjuang keras selama seminggu dan membuat jutaan senjata antiviral. Ribuan bakteri yang berkembang biak dengan cepat membuat sistem kekebalan tubuh menjadi kewalahan dan akhirnya bakteri memasuki darah juga mengelilingi tubuh. Bila ini terjadi maka memungkinkan akan menjadi kematian.

Baca juga  Pengaruh Media Sosial Dalam Politik Generasi Milenial

Coronavirus sering dibandingkan dengan virus flu tapi sebenarnya ini lebih berbahaya. Kita yakin bila coronavirus sangat menular dan menyebar dari pada flu. Saat ini kita masih belum menemukan vaksin untuk coronavirus, akantetapi kita bisa merekayasa sikap sosial kita untuk menjadi vaksin sosial. Dengan dalam 2 hal yaitu “tidak terinfeksi” dan “tidak menginfeksi yang lain”.

Meski terdengar sepele hal terbaik yang bisa kita lakukan adalah mencuci tangan dengan sabun, karena sabun dapat menghancurkan virus dan membuat virus tidak bisa menginfeksi kita. Hal selanjutnya adalah Social Distancing dimana bukan pengalaman yang menyenangkan tetapi hal baik untuk dilakukan.

Baca juga  BPD dan Dana Desa Ditengah Wabah Corona

Bila kamu menetap dirumah maka tetaplah dirumah untuk melindungi orang diluar sana yang memiliki peran penting untuk menggerakan fungsi sosial seperti dokter, kasir hingga polisi.

Kita harus bergantung kepada mereka semua dan mereka juga bergantung pada kita agar tidak terinfeksi. Karantina bukanlah hal yang menyenangkan tetapi mereka terutama yang bekerja untuk medikasi dan vaksinasi di waktu yang penting.

Jadi bila kamu dikarantina kita harus paham dan menghormatinya. Dan hari ini dan masa ini benar-benar ada di tangan kita secara harfiah dan kiasan.

 

Penulis oleh :
La Ode Yudistira ( Mahasiswa Semester 1 DKV STT Bandung).