Connect with us

Pemerintah

Asda I Pemkab Lebak, Alkadri : Sarana Ruang Sudut Baca di 36 OPD Kabupaten Lebak Belum Memadai

Published

on

Foto : Asinten Daerah I Pemkab Lebak Alkadri (Istimewa).

LEBAK,Lampusatu.com – Sarana ruang sudut baca di 36 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Lebak, dinilai belum memadai untuk penempatannya. Hal itu diungkapkan oleh Asisten Daerah I (Asda I) Pemkab Lebak Alkadri diruang kerjanya. Kamis (14/2/2019).

Menurut Alkadri, upaya Pemkab Lebak dalam meningkatkan budaya minat baca khususnya bagi pegawai ASN atau pengunjung disaat menunggu antrian pelayanan ditiap OPD.

“Seharusnya memang tiap OPD memiliki ruang tunggu dengan sarana fasilitas yang serba memadai. Ya itu tadi, jika ruangan nya nyaman tentunya, setiap instansi akan menyediakan buku bacaan atau majalah dan koran di sudut tempat tunggu,” kata Alkadri.

Baca juga  Pemkab Lebak Fokuskan Pelayanan Kesehatan, Pendidikan dan Infrastruktur

Mengenai adanya surat himbauan Bupati yang menerangkan bahwa disetiap OPD di upayakan dapat menyediakan ruang sudut baca untuk meningkatkan minat baca sambung Alkadri, bukan berati intansi wajib mengadakan ruangan tersebut.

“Mungkin jika sarana ruangannya sudah memadai, hal itu tidak dapat menutup kemungkinan. Setiap OPD pasti akan menyediakan fasilitas tersebut yang digabung dengan ruang tunggu,” ungkapnya.

Selain itu pelayanan sarana fasilitas bagi pengunjung Disabilitas dan Laktasi dibeberapa OPD juga belum tergolong maksimal. Hanya beberapa OPD yang memiliki pelayanan sarana mobilisasi penyandang Disabilitas mulai dari tunanetra, tunarungu, tunagrahita dan yang memiliki keterbatasan lainnya. Pengadaan mobilitas tersebut diantaranya mulai dari, WC duduk, akses tanjakan yang dapat dilalui kursi roda, tangga Lift dan lainnya.

Baca juga  BPTP Banten : Ada 11 Varietas Lokal yang Dimiliki Kabupaeten Lebak Terdaftar di PPVTPP

“Untuk ruangan ibu menyusui (Laktasi) dibeberapa OPD sebetulnya sudah ada, namun sarana tersebut tidak dikhususkan bagi Laktasi saja. Akan tetapi masih digabung dengan ruangan ibadah,”ungkapnya.

Sementara itu Kepala Bidang Perpustakaan Kabupaten Lebak, Ali Rahmat mengatakan. Bahwa mengenai edaran surat himbauan dari Bupati Lebak sejak tahun 2017 kesejumlah OPD tentunya waktu tersebut sudah lumayan cukup lama.

Baca juga  Bupati & Wabup Lebak Hadiri Gerakan Panen Raya Padi Sawah di Desa Cipedang

“Seharusnya tiap OPD memiliki ruang sudut baca, sehingga baik itu pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) atau komponen masyarakat lainnya dapat memotivasi minat baca pengunjung yang sedang menunggu pelayanan,”katanya.

Mengingat, minat baca terhadap sebuah buku atau majalah lainnya sudah bergeser ke sarana digital.

“Untuk itu peningkatan minat baca buku atau majalah lainnya, jika berada dibeberapa OPD tentunya. Akan menjadi motivasi membaca dengan sarana bukan dari digital,” pungkasnya.

 

 

Wartawan : Sandul