Connect with us

Pemerintah

Bupati Ruhimat : Pembangunan Daerah Harus Berdasarkan Skala Prioritas

Published

on

Foto : Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Subang Tahun 2019 resmi dibuka oleh Bupati Subang, H.Ruhimat S.Pd., M.Si. Kamis, (14/3/2019) di Aula Pemda Kabupaten Subang.

SUBANG,Lampusatu.com – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Subang Tahun 2019 resmi dibuka oleh Bupati Subang, H.Ruhimat S.Pd., M.Si. Kamis, (14/3/2019) di Aula Pemda Kabupaten Subang.

Acara dihadiri oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Pembangunan Drs. H. Dady Iskandar, MM yang mewakili  Gubernur Jawa Barat, Pimpinan DPRD Kabupaten Subang dan Anggota, Kepala Bappeda Jabar, Jajaran Forkopimda, para Kepala OPD, Kepala Bappeda Kabupaten Subang, Camat se-Kabupaten Subang, Kades dan Lurah se-Kabupaten Subang, Perguruan Tinggi, Pimpinan Perusahaan, BUMN/BUMD, serta Organisasi Kemasyarakatan.

Baca juga  Ini Alasan Aula Pendopo Bupati Subang Bakal Dinamakan Aula Abdul Wachyan

Laporan Kepala BP4D Kabupaten Subang, H. Sumasna, ST M.Mum menyampaikan bahwa maksud penyelenggaraan Musrenbang RKPD Kabupaten Subang Tahun 2020 ini sebagai forum perumusan atau pembahasan antar pelaku pembangunan dalam rangka menyusun Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2020.

“Tujuan penyelenggaraan Musrenbang ini mendapat masukan dalam menyusun rancangan RKPD Tahun 2020 yang membuat prioritas pembangunan daerah dari berbagai sumber pendanaan serta mendapatkan masukan dalam menyusun rancangan Rencana Kerja Perangkat Daerah Tahun 2020,”ujarnya.

Dalam Musrenbang kali ini dilaksanakan sejumlah rangkaian kegiatan diantaranya penandatangan berita acara pelaksanaan Musrenbang RKPD Kabupaten Subang tahun 2020 dan penyerahan dokumen pokok-pokok pikiran DPRD oleh Ketua DPRD Kabupaten Subang kepada Bupati Subang, dilanjutkan dengan Talk Show yang mengambil tema “Pemantapan Kesejahteraan Masyarakat dan Pelayanan Publik”.

Baca juga  Pemkab Subang Gelar Tabligh Akbar dan Sunatan Masal

Dalam sambutannya Bupati Subang, H. Ruhimat S.Pd., M.Si menyampaikan penghargaan dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh anggota tim penyusunan RKPD Kabupaten Subang Tahun 2020 serta kepada seluruh stakeholder yang turut ikut serta memberikan masukan dalam penyempurnaan dokumen RKPD Kabupaten Subang Tahun 2020.

Menurut Bupati, kegiatan Musrenbang merupakan wujud proses perencanaan partisipatif dan bersifat bottom-up dengan output yang terukur serta  mempertimbangkan berbagai aspek, terutama dalam sisi pembiayaan sehingga nantinya didapatkan pagu pembiayaan terhadap program prioritas yang realistis.

Baca juga  Diskominfo Himbau Warga Segera Registrasi Kartu Pra Bayar Telepon Seluler

“Saya berharap pelaksanaan Musrenbang RKPD Kabupaten Subang Tahun 2020 ini akan disepakati target dan program prioritas pembangunan daerah berdasarkan data dan skala usulan prioritas yang terjaring dalam proses Musrenbang, dengan fokus utama peningkatan kesejahteraan masyarakat serta pengentasan kemiskinan dan pengangguran,”ujarnya.

“Saya juga berharap kepada saudara-saudara sekalian agar dapat berpikir cerdas, inovatif, kreatif hingga target pembangunan yang kita rencanakan ini dapat tercapai,”pungkasnya.

 

Wartawan : Iwan Sukmawan