Bupati Subang Ikut Gorol Bareng Warga Desa Darmaga Perbaiki Irigasi yang Jebol

0

SUBANG,Lampusatu.com – Bupati Subang, H.Ruhimat bersilaturahmi dengan warga masyarakat Desa Darmaga Kecamatan Cisalak, dalam rangka mengikuti kegiatan Gorol perbaikan lining irigasi yang terputus karena jebol.

Kang Jimat sapaan akrab Bupati Subang yang tiba di desa Darmaga mendapat sambutan yang meriah dari warga yang saat itu sedang bergantian mengangkut batu.

Satu persatu ia menyapa warga dan melayani permintaan berfoto dari masyarakat. Kemudian pada kesempatan itu ia bersama jajaran dan muspika Kecamatan Cisalak, berjalan menyusuri Sungai Irigasi Bantarpanjang dan pematang sawah untuk meninjau lokasi jebolnya lining irigasi Bantarpanjang.

Kang Jimat setiba di lokasi gotong royong yang saat itu akan di pasang bronjong, turut membaur dengan warga masyarakat, memindahkan batu batu secara estafet yang akan di jadikan sebagai tahanan atau penahan dinding lining irigasi.

Baca juga  Agus Masykur Kunjungi Taman di Jalan KS.Tubun Subang
Istimewa

Kalak BPBD H.Hidayat yang hadir dalam kesempatan tersebut menyampaikan kegiatan gotong royong yang dilakuksan warga dari Desa Darmaga dan Desa Cigadog diikuti tidak kurang dari 300 orang.

Ia meyampaikan warga masyarakat sangat antusias mengikuti kegiatan gorol tersebut, mengingat Sungai Irigasi Bantarpanjang cukup vital untuk mengairi sektor pertanian dan perikanan.

Kang Jimat dalam sambutannya menyampaikan terima kasih yang tak terhingga bagi seluruh warga desa yang hadir dalam kegiatan Gorol di Sungai Irigasi Bantarpanjang yang mengairi 240 hektar di Desa Darmaga dan Desa Cigadog, kang Jimat merasa bangga akan sikap kegotong royongan warga masyarakat yang tidak membedakan usia, semua kalangan hadir mengikuti kegiatan gotong royong tersebut.

Baca juga  Bupati Subang : Mudah-mudahan Subang Meraih WTP Ketiga Kalinya

Ia mengatakan jika dengan menggunakan bronjong akan rentan untuk jenbol kembali. Kang Jimat merekomendasikan 3 titik yang jebol untuk segera di cor, agar memiliki daya tahan yang lebih baik jika dibandingkan dengan menggunakan bronjong. Untuk itu ia siap menurunkan biaya untuk pengecoran.

“Mengingat lining irigasi tersebut sangat penting untuk tetap mempertahankan produksi ketahanan pangan. Meskipun akan dicor, saya minta warga masyarakat untuk tetap membantu,”ujarnya.

Kang jimat menyampaikan keprihatinannya atas longsor yang menyebabkan terputusnya saluran lining irigasi, sehingga pengairan petani ikan dan sawah seluas 100 hektar lebih terputus.

Baca juga  Bupati Karawang : Karyawan Pabrik Masih Bisa Bekerja Asal Menjalankan Protokol Kesehatan Penanganan Covid-19

Ia meminta kepada seluruh warga masyarakat yang hadir agar dapat mengantisipasi cuaca yang saat ini mulai masuk musim penghujan, yang tentunya dengan intensitas curah hujan yang tinggi dapat menyebabkan longsor maupun banjir.

“Saya¬† berharap dengan terselenggaranya kegiatan ini dapat menjadi satu solusi untuk meringankan bencana yang terjadi di saluran irigasi bantarpanjang Darmaga,”terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kang Jimat menyerahkan masker secara simbolis yang diberikan kepada salah satu warga yang mengikuti kegiatan Gorol. Seraya mengingatkan agar terus menggunakan masker. (Adv).

 

 

Galih Andika

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini