Connect with us

Pemerintah

Bupati Subang Ingin Program Reforma Agraria Terus Berlanjut

Published

on

Foto : Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) Republik Indonesia,  Sofyan A Djalil didampingi Bupati Subang H. Ruhimat menyerahkaan Sertifikat Tanah untuk rakyat program reforma agraria melalui Kegiatan Retribusi Tanah, bertempat di halaman Kantor Kecamataan Pusakanagara, Selasa (14/01/2020).

SUBANG,Lampusatu.com – Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) Republik Indonesia,  Sofyan A Djalil didampingi Bupati Subang H. Ruhimat menyerahkaan Sertifikat Tanah untuk rakyat program reforma agraria melalui Kegiatan Retribusi Tanah, bertempat di halaman Kantor Kecamataan Pusakanagara, Selasa (14/01/2020).

Dalam kegiatan tersebut diserahkan  sebanyak 2.180  sertifikat, yang  diberikan kepada 500 warga Kecamatan Pusakanagara, 900 warga Kecamatan Pusakajaya, 270 Warga Compreng dan 500 warga Kecamatan Dawuan Kabupaten Subang.

Sofyan Dajalil menggungkapkan bahwa pemberian sertifikat tanah kepada masyarakat Subang tersebut telah melalui beberapa proses, mulai dari tahap penyuluhan, inventarisasi, dan identifikasi obyek dan subyek sampai pada pembukuan hak dan penerbitan sertifikat.

Baca juga  Kunjungi Lokasi Banjir, Sekda Subang Minta Warga Tetap Waspada

“Masyarakat yang diberikan sertifikat untuk mengelola dan memanfaatkan tanah negara tersebut, nantinya bisa dikelola untuk pertanian dan perkebunan,”kata  Sofyan Djalil.

Menurut Sofyan Djalil, adapun jangka waktu yang diberikan oleh negara kepada warga yang dapat sertifikat pengelolaan tanah negara tersebut hanya 10 tahun

“Masyarakat yang diberikan sertifikat hari ini oleh Kementerian Agraria Tata Ruang (ATR/BPN) RI , diberikan jangka waktu 10 tahun untuk mengelola tanah negara dan dilarang keras untuk menjual dan mengalih fungsikan tanah negara tersebut”katanya

Sofyan Djalil juga mengungkapkan , Pemberian sertifikat tanah tersebut bertujuan untuk modal hidup meningkatkan kesejahteraan masyarakat kabupaten Subang

Baca juga  Sebelum Cuti, Imas Berpesan Ini Kepada Para Kepala OPD dan Camat

“Semoga dengan diberikan hak pengelolaan tanah negara kepada masyarakat dengan jangka waktu 10 tahun bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat Subang”ungkapnya

Dikatakan Sofyan, dengan adanya sertifikat tersebut tentunya memberikan kepastian hukum bagi masyarakat dalam mengelola dan memanfaatkan tanah negara dengan tenang sebagai modal usaha

“Diharapkan dalam 10 tahun, tanah yang dikelola oleh masyarakat tersebut bisa lebih produktif dan mampu menunjang dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Subang” katanya

Bupati Subang,H.Ruhimat menyampaikan penyerahan sertifikat ini merupakan wujud nyata dari kepeduliaan Pemerintah kepada seluruh masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Subang dalam memberikan suatu tanda bukti hak atas tanah berupa sertifikat.

” Alhamdulillah  dalam penyerahan sertifikat ini merupakan wujud nyata dari kepedulian Pemerintah,”ujar Ruhimat.

Baca juga  Pemkab Subang Berikan Santunan Kepada Ratusan Anak Yatim

Untuk itu, Ruhimat  menghimbau untuk mempergunakan sertifikat tersebut dengan sebaik baiknya sebagai contoh untuk permodalan untuk kesejahteraan keluarga.

“Mari kita  jadikan perberian sertifikat ini untuk membuat Subang lebih maju umumnya, khususnya bagi Masyarakat Penerima Program,”ajaknya.

” Besar harapan kami program repormasi pertanahan ini terus berlanjut agar registrasi tanah yang ada di Kabupaten Subang lebih tertib lagi,”pungkasnya.

Hadir pada kesempatan ini Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Barat, Bapak Yusuf Purnama, perwakilan Pemprov Jabar, BPN Subang, Forkopimda Subang, dan tamu undangan lainnya.

Galih Andika