Connect with us

Pemerintah

Cegah Pungli, Irda Subang Audit Seluruh Desa se- Kecamatan Purwadadi

Published

on

Foto : Istimewa.

SUBANG,Lampusatu.com – Gerakan berantas pungutan liar alias pungli yang dicanangkan Presiden Joko Widodo, mulai ditanggapi serius sejumlah pihak di daerah termasuk di Kabupaten Subang.

Beberapa Dinas teknis dan layanan publik, tak terkecuali Pemdes dianggap rentan terhadap pungli yang merugikan masyarakat. Untuk mencegah praktek pungli tersebut, Inspektorat Daerah (Irda) Subang, Jumat (14/2/2020) melakukan audit kepada seluruh Desa se- Kecamatan Purwadadi.

Baca juga  Untuk Pertahankan Lahan Pertanian, Pemkab Subang Diminta Segera Buat Perda Sawah Abadi

Pemeriksaan Irda tersebut terkait dengan penggunaan Anggaran Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD).  “Untuk saat ini masih dalam proses investigasi, dalam kurun waktu satu minggu setelah semua Desa di Audit, baru kami bisa menjelaskan tentang temuan pekerjaan yang bermasalah,” Ungkap Ade salah satu petugas audit dari Irda Subang kepada wartawan.

Baca juga  Pelaksana Tugas Kepala Daerah Diumumkan Besok

Seperti diketahui, kata Ade, Presiden Joko Widodo dengan tegas mendeklarasikan kebijakannya memberantas pungli di dalam pemerintahannya. Bahkan Jokowi turun tangan sesaat setelah Satgas melakukan tangkap tangan tindakan pungli di Kementerian Perhubungan (Kemenhub) beberapa waktu lalu.

“Dengan diadakannya Audit anggaran dari Pusat, provinsi, maupun daerah seperti yang sedang dioperasikan oleh IrdaSubang terkait Anggaran Dana Desa dan BKU (Buku Kas Umum), kami berharap agar instansi desa khususnya yang ada di Kecamatan Purwadadi bisa terbebas dari pungli,”pungkasnya.

Baca juga  Jimmy "Sentil" Disnakertrans Karawang Soal Banyak Calo Tenaga Kerja

 

 

Hendar