Dispemdes Subang Berikan Pelatihan ke 245 Pengurus BPD

SUBANG,Lampusatu.com – Untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dan meningkatkan kinerja pemerintahan desa di Subang, Dinas Pemerintahan Desa (Dispemdes) Kabupaten Subang gelar pelatihan kepada 245 orang pengurus Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang berlangsung di Grant Hotel Jln.Ahmad Yani Subang,  selama dua hari, 21 – 22 Oktober 2019.

Menurut H. Enjat Rohinjat selaku Sekretaris Dispemdes yang didampingi Dadan Duwiana S.Ap. M.Si Kabid Pemdes Dispemdes Kabupaten Subang menyatakan bahwa pelaksanaan pelatihan bagi para anggota BPD  Desa ini, diikuti 245 anggota BPD yang tersebar di 245 Desa yang ada di wilayah Kabupaten Subang.

Baca juga  Pemkab Subang Raih Penghargaan Cukup Peduli HAM

“Tujuan pelatihan ini diharapkan para anggota BPD Desa, mengetahui segala regulasi aturan yang berkitan dengan sistem pemerintahan desa saat ini yang berlaku. Selain itu dihapkan pula para anggota BPD mengerti akan tugas dan fungsinya keberadaan Lembaga BPD dalam peranan sebagai kesatuan pemerintahan desa,”ujarnya.

Namun, dijelaskan dia, bukan hanya BPD saja yang akan mendapatkan pelatihan dari Dispemdes, tapi pelatihan ini pun, akan dilanjutkan secara maraton kepada peningkatan kapasitas bagi 245 para Kepala Desa, yang diselenggarakan pada hari Rabu-kamis (23-24/10/2019) mendatang, “jelas H. Enjat Rohinjat Senin, (21/10/2019) di Grand Hotel Subang

Baca juga  Bupati Subang Resmi Lantik 20 Pejabat Fungsional Pengawas SD dan TK

“Saya berharap dengan kehadiran Forum Komunikasi BPD Kabupaten Subang dapat membatu sebagai wadah untuk diakusi serta sebagai penyambung lidah baik aspirasi yang ada dari masyarakat, maupun sebagai kepanjangan tangan dari pemerintah daerah Subang sebagai saluran komunikasi untuk menyampaikan segala program pembangunan kepada masyarakat,”ujarnya.

Selanjutnya Dadan Duwiana S.Ap. M.Si Kabid Pemdes, menambahkan bahwa pentingnya kinerja yang sinergis antara pemerintah desa dengan Lembaga-lembaga Desa seperti BPD dan LPM.

Mengingat pada hakekatnya kemajuan pembangunan dalam suatu wilayah kabupaten itu, tergantung pada sehat atau tidaknya pelaksanaan sistem pemerintahan desa dalam proses pembagunan.

Baca juga  Soal Capaian WTP, Ruhimat Juga Apresiasi DPRD Subang

“Selain itu mengingat saat ini banyak para anggota BPD yang baru dilantik, sehingga diperlukan pembekalan atas pengetahuan regulasi yang mengikt didesa dan mengerti atas segla tugas dan fungsi Lembaga BPD dalam pembangunan di suatu desa,”ujarnya.

“Bentuk pelatihan seperti ini, bukan pertama kali kita laksanakan. Namun pihak pemerintah Kabupaten Subang melalui Dispemdes telah melakukan pelatihan seperti ini dan terakhir dispemdes telah melaksankannya pada tahun 2017 yang lalu,”pungkasnya.

Wartawan : Iwan Sukmawan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini