Connect with us

Pemerintah

Hut ke-68, Satpol PP Diminta Lebih Siaga Mengawal Pilkada Serentak

Published

on

Foto : Peringatan  Hari Ulang Tahun (HUT) Polisi Pamong Praja (Pol PP) ke-68 dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) ke-56 Tahun 2018, yang diselenggarakan oleh  Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Subang berlangsung meriah, Senin pagi (16/4/2018), di Halaman kantor Bupati Subang. 

SUBANG,Lampusatu.com,-Peringatan  Hari Ulang Tahun (HUT) Polisi Pamong Praja (Pol PP) ke-68 dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) ke-56 Tahun 2018, yang diselenggarakan oleh  Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Subang berlangsung meriah, Senin pagi (16/4/2018), di Halaman kantor Bupati Subang.

Acara peringatan diawali dengan upacara dan dilanjutkan dengan pertunjukan para jawara dari paguron silat merah putih.

Hadir pada kesempatan itu,  Plt Bupati Subang H.Ating Rusnatim yang sekaligus bertindak selaku pimpinan upacara.

Dalam sambutannya Ating membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri menyampaikan,  bahwa Hut Pol PP ke-68 dan (Satlinmas) ke-56 Tahun 2018 kali ini bertepatan dengan tahun politik  yakni pemilihan kepala daerah serentak di 171 daerah yang meliputi 17 provinsi dan 154 Kabupaten dan Kota.

Oleh karena itu tidak berlebihan kiranya digelar acara apel siaga dalam rangka mengawal pelaksanaan pilkada serentak tahun 2018.

“Maka tema yang diambil Hut Pol PP ke-68 dan Satlinmas ke-56 adalah Satpol PP dan Satlinmas siap mengawal pilkada serentak 2018 yang mengandung arti Satpol PP dan Satlinmas harus lebih siaga ditahun politik ini karena sebagai perangkat daerah Satpol PP dan Satlinmas akan ikut terlibat langsung mengawal pesta demokrasi terutama pilkada,”kata Ating .

Hadir pada upacara tersebut jajaran Forkopimda Kab. Subang,  Sekda,  para Asda, Staf ahli,  para Kepala OPD, Ketua Panwaslu Kab. Subang, para pejabat eselon III dan IV, Satpol pp, Dishub, Linmas, Damkar, seluruh ASN se-Kab. Subang, tokoh masyarakat, serta insan pers.

Ditahun politik ini lanjutnya, dinamika politik akan meningkat, potensi gangguan keamanan juga akan menguat.

“Untuk itu kepada Satpol PP dan Satlinmas lebih meningkatkan upaya deteksi dini, sehingga potensi gangguan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat bisa diantisipasi,”terangnya.

Upaya deteksi dini yang dilakukanpun kata dia,  dengan begitu masyarakat akan merasa terlindungi dan meminta kepada Gubernur agar mengkoordinasikan Bupati dan Walikota di daerah masing-masing untuk mengambil langkah-langkah antisipasi juga meminta koordinasi, komunikasi dan sinergi dengan instansi terkait seperti KPUD, Bawaslu, TNI, POLRI .

“Dan Kesbangpol lebih diintensifkan tentunya dengan mengutamakan kepentingan umum dan memperhatikan hirarki, serta kode etik. Tugas berat berada dipundak saudara-saudara  semoga semangat, kompak dan menjaga netralitas,”tegasnya.

Sebelumnya,  acara diawali dengan penyerahan penghargaan kepada pegawai teladan dan pegawai purna tugas serta penyerahan santunan kepada perwakilan ahli waris yang meninggal dunia pada saat masih bertugas di Satpol PP.

Dilanjutkan dengan penandatanganan fakta integritas netralitas aparatur sipil negara Kab. Subang pada pelaksanaan pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati tahun 2018  oleh Sekretaris Daerah Kab. subang dan Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kab. Subang.

 

Red : Galih Andika

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *