Connect with us

Pemerintah

Kades Tanjungwangi Sebut Relawan Saemaul Wujudkan Program Desa Bebas dari Sampah

Published

on

Foto : acara penutupan relawan mahasiswa Saemaul di Gedung serbaguna Saemaul Desa Tanjungwangi. Rabu (25/7/2018).

SUBANG,Lampusatu.com,-Plt Bupati Subang H Ating Rusnatim  menghadiri acara penutupan relawan mahasiswa Saemaul di Gedung serbaguna Saemaul Desa Tanjungwangi, Rabu (25/7/2018).

Kepala Desa Tanjungwangi Budi santoso menyampaikan selama 2 tahun kebelakang saemaul tujuan nya ingin membantu meningkatkan taraf masyarakat ekonomi desa dan memberikan beberapa bantuan untuk Desa Tanjungwangi.

Salah satu Program yang dilaksanakan di Desa Tanjungwangi yaitu  program desa bebas dari sampah.

Penutupan acara  relawan mahasiswa Saemaul di Gedung serbaguna Saemaul Desa Tanjungwangi. Rabu (25/7/2018).

“Program sampah itu bisa menghasilkan ekonomi masyarakat desa dan  kurang lebih 268 Hektar area persawahan bisa menjadi konsep perekonomian  di Desa Tanjungwangi,”paparnya.

Adapun Desa Tanjungwangi menerima Bantuan kebutuhan masyarakat, diantaranya bantuan satu unit cator, bantuan satu unit mobil engkel untuk menggantikan transport pengangkut sampah, 144 buah tong sampah.

“Semua bantuan tersebut juga sudah di tempatkan di 36 SD di Desa  Tanjungwangi,”terangnya.

“Saya tegaskan kegiatan di Desa Tanjungwangi anggaran kegiatannya tidak masuk ke rekening Desa,  tetapi Desa Tanjungwangi hanya menerima manfaat langsung bantuannya selebihnya kita gunakan dari pemberian manfaat tersebut,”timpalnya.

Sementara Plt Bupati Subang  H.Ating Rusnatim menyampaikan,  kegiatan ini Menjadi salah satu inspirasi semua warga subang khususnya Desa Tanjungwangi juga bisa menginspirasi seluruh warga Subang.

“Dimulainya usaha mendorong jiwa enterpreneur nya, berawal dari inisiatif desa sendiri kegiatan ini tidak akan berjalan, pemerintah daerah subang dengan mahasiswa korea,bisa di lakukan juga oleh desa desa lain,”kata Ating.

Menurut Ating, segala bentuk kegiatan yang sudah laksanakan di Desa Tanjungwangi oleh seluruh Relawan Saemaul Mahasiswa Gyeonsangbuk-Do. Semoga semua kegiatannya bisa bermanfaat untuk warga masyarakat Subang khususnya di Desa Tanjungwangi.

“Kegiatan itu tentunya bisa menjadikan desa-desa di kita lebih berkembang di kemudian hari. Saya mengharapakan kegiatan ini tidak hanya sampai disini saja,  tetapi bisa di informasikan ke negara lain dengan tujuan untuk sama sama meningkatakan kemajuan menjadi cepat,”pungkasnya.

Acar tersebut  dihadiri langsung oleh perwakilan Saemaul Globalization Foundation Mr Lee Jae Jin, Pembina Yayasan Globalisasi Saemaul Indonesia  Bp Hong Seung Hon, Kadispemdes, Dinas Lingkungan Hidup, dinas Kesehatan/yang mewakili, Polsek Cijambe, Camat Cijambe,Kepala SD Curug Sarinabakti Kp Palasari, dan tamu undangan lainnya.

 

 

Red : Galih Andika