Kado Ultah ke-73, Subang Raih Merdeka Award

21

SUBANG,Lampusatu.com – Prakarsa dan inisiatif Pemerintah Kabupaten Subang yang menjadikan Subang terpilih sebagai penerima penghargaan MERDEKA AWARD kategori Daerah dengan program inspiratif bagi UMKM ditengah pandemi.

Hal ini tentunya menjadi kado istimewa bagi Kabupaten Subang di hari jadinya ke -73 yang jatuh pada tanggal 5 April 2021 mendatang.

Penghargaan tersebut diterima langsung Bupati Subang, H.Ruhimat yang diserahkan langsung oleh Kemenkop Drs. Teten Masduki pada hari ini, Rabu (30/3/2021) di Kantor Pusat KLY, Jl. RP. Soeroso No. 18 Menteng Jakarta, Rabu (31/3/2021).

Merdeka Award 2021 adalah sebuah ajang penghargaan dan apresiasi yang diberikan kepada mereka yang berjuang menginspirasi dan membantu mengatasi pandemi Covid 19. Penghargaan prestisius bagi tokoh atau daerah yang tetap berjuang di masa pandemi Covid 19, menginspirasi, menabur benih kebaikan dan kesetiakawanan sosial

Baca juga  Bupati Subang Tegaskan Jalan Alternatif Jalancagak  Segera Dikerjakan April Ini

Dalam sambutannya Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Drs. Teten Masduki mengungkapkan apresiasi setinggi-tingginya kepada merdeka.com atas diadakannya Merdeka Award yang salah satunya memberikan penghargaan untuk kategori daerah dengan program inspiratif bagi UMKM ditengah pandemi dan berharap semoga hal ini menjadi inspirasi bagi daerah lain untuk tetap berinovasi melahirkan program-program lain yang bermanfaat untuk masyarakat ditengah pandemi covid 19. Teten pun mengucapkan selamat kepada para penerima penghargaan dan mengucapkan terima kasih telah menjadi inspirasi bagi Indonesia.

“Merdeka award bukan untuk mencari pemenang, namun penghargaan prestisius ini sebagai apresiasi bagi mereka yang berjuang dan menginspirasi,” ujar teten.

Baca juga  Kang Jimat Giliran Serap Aspirasi Warga Purwadadi

Dari 416 Kabupaten dan 98 kota se Indonesia, Kabupaten Subang bersama dengan 8 daerah lain terpilih sebagai penerima penghargaan MERDEKA AWARD 2021 untuk Kategori “Daerah dengan program inspiratif bagi UMKM ditengah pandemi” yang penilaiannya dilakukan oleh redaksi merdeka.com bekerjasama dengan Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia.

Sementara itu Kang Jimat sapaan akrab Bupati Subang mengungkapkan rasa syukurnya atas pemberian penghargaan ini dan menyatakan bahwa ini adalah hasil kerja keras semua pihak yang telah berjuang selama masa pandemi covid 19.

Ia mengatakan akan terus berupaya agar UMKM di Subang mendapatkan bantuan keuangan serta berharap agar semakin berkembang demi kemajuan perekonomian di Kabupaten Subang.

Adapun kategori Award yang diraih Subang , ada 6 poin :

1. Dukungan Regulasi bidang KUMKM dengan membuat Peraturan Bupati No. 41 Tahun 2015 tentang pedoman pemberian Izin Usaha Mikro dan Kecil.

Baca juga  Upacara Hari Jadi Ke 387 Kabupaten Karawang, Cellica : Semangat Bersinergi Membangun Karawang 

2. Mendukung pembangunan insfrastruktur untuk kemudahan distribusi logistik.

3. Melakukan adaptasi dan transformasi KUMKM melalui kemitraan dan rantai pasok.

4. Membangun UMKM kerakyatan berbasis Sumber Daya Alam salah satu komoditi potensial untuk dikembangkan di Kabupaten Subang adalah Komoditas perkebunan dan pertanian.

5. Meningkatkan peran koperasi melalui digitalisasi.

6. Jumlah Koperasi dengan NIK (Nomor Induk Koperasi) sebanyak 1.058 unit.

7. Pemerintah Kabupaten Subang mendorong para pelaku UMKM untuk mendapatkan bantuan pada masa pandemi covid 19 sebanyak 56.773 pelaku usaha mikro di Kabupaten Subang mendapatkan Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM).

 

Galih Andika

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini