Kang Jimat Berharap Dua Proyek Strategis Nasional di Subang Segera Selesai

67
Foto : Bupati Subang, H. Ruhimat bersama para Kepala Daerah Se Jawa Barat hadir dalam Rapat Koordinasi Sinergitas Kebijakan dan Strategi Pelaksanaan Program Strategis Nasional di Provinsi Jawa Barat bertempat di Pullman Bandung Grand Center, Rabu (1/9/2021) .(Dok.Prokopim Pemkab Subang).

SUBANG,Lampusatu.com –Bupati Subang, H. Ruhimat bersama para Kepala Daerah Se Jawa Barat hadir dalam Rapat Koordinasi Sinergitas Kebijakan dan Strategi Pelaksanaan Program Strategis Nasional di Provinsi Jawa Barat bertempat di Pullman Bandung Grand Center, Rabu (1/9/2021) .

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Rabu hingga Kamis, 1-2 September 2021 tersebut selain dihadiri para Kepala Daerah, dihadiri pula oleh para Kepala Biro di lingkungan Pemda Provinsi Jawa Barat, jajaran pejabat BPN Kanwil Jawa Barat dan perwakilan BPN Kanwil tingkat Kabupaten/Kota Se Jawa Barat.

Dalam sambutannya yang diwakili Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi Pembangunan Dr. Berli Hamdani, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan bahwa Jawa Barat merupakan wilayah penopang ibukota Negara yaitu Jakarta yang memiliki kawasan strategis dengan luas wilayahnya yang besar, memiliki berbagai potensi perekonomian tinggi.

Adapun kesempatan yang dimiliki Jawa Barat di antaranya investasi global, kemandirian wilayah, kesehatan, pabrik otomotif, inovasi digital dan pariwisata. Kang emil memaparkan bahwa Jawa Barat merupakan kontributor ekonomi ke 3 di indonesia dengan presentase 14,42%. Diharapkan dengan adanya Rapat Koordinasi Sinergitas Kebijakan dan Strategi ini bisa mempercapat proses pembangunan Program Strategis Nasional di wilayah Jawa Barat.

Baca juga  Bupati Karna Sobahi Lantik Pejabat Struktural Sebanyak 148 ASN di Lingkungan Pemkab Majalengka

Menurut Kepala Kanwil BPN Provinsi Jawa Barat Drs. Dalu Agung Dermawan M.Si menyatakan bahwa BPN kanwil Jawa Barat berusaha mendorong percepatan PTSL dengan tujuan menambah jumlah bidang tanah terdaftar, memperbaiki data bidang tanah yang sudah bersertifikat, menyelesaikan sengketa/permasalahan yang ada dengan output desa lengkap yaitu desa yang memenuhi syarat lengkap dan valid secara spasial dan yuridis.

Selain itu PTSL dapat mendukung Program Strategis Nasional seperti pengadaan tanah untuk kepentingan umum dan meningkatkan penerimaan pajak melalui
PBB, PPh dan BPHTB

Dirinya menyatakan bahwa berdasarkan arahan pusat target PTSL Jawa Barat Tahun 2021 sebanyak 1.579.000 bidang sampai dengan bulan Agustus 2021 sertifikat yang diterbitkan baru 540.809 bidang atau sekitar 34,69%
Sertifikat yang belum terbit 1.038.191 bidang atau sekitar 65,32%.

Baca juga  Pjs. Bupati Subang Hadiri RUPS Tahun Buku Bank BJB

Adapun kendala yang terjadi atas realisasi target tersebut karena masa pandemi covid 19 dan sisa target yang belum terealisasi harus selesai dalam 4 bulan ditambah 7 Project Strategis Nasional di Jawa Barat yang harus di selesaikan tahun ini

Dalam kesempatan tersebut dipaparkan pula berbagai terobosan yang ditawarkan BPN Kanwil Jawa Barat
Terkait sertifikasi ( PTSL, Redistribusi tanah, lintor, BMD/aset Pemda, wakaf), tata ruang, perizinan, investasi, pemberdayaan ekonomi, pengadaan tanah dan lembaga GTRA di Wilayah Jawa Barat yang diharapkan bisa di adaptasi oleh pemerintah Kota/ Kabupaten.

” Sinergitas kebijakan dan strategi pelaksanaan program strategis nasional perlu dilakukan kolaborasi antar sektor antar daerah dan antar ilmu,”ujar Kepala Kanwil Jawa Barat

Dalam kesempatan tersebut Kang Jimat sapaan akrab Bupati Subang hadir dalam kaitan 2 Proyek Strategis Nasional di Kabupaten Subang yaitu Pembangunan Pelabuhan Patimban dan Pembangunan Bendungan Sadawarna. Diharapkan melalui rapat koordinasi ini dapat terjalin komunikasi, sinergitas dan kerjasama yang baik oleh berbagai pihak antar sektor agar pembangunan kedua Proyek Strategis Nasional tersebut bisa dipercepat dan segera selesai demi kemaslahatan masyarakat Subang khususnya dan warga Jawa Barat umumnya.

Baca juga  Gubernur Jabar Promosikan Produk Tas dari Limbah Plastik Buatan Ibu - ibu PKK Desa Wantilan

Dalam acara tersebut dilakukan pula penyerahan secara simbolis aset lahan Pemda Provinsi Jawa Barat dan plakat penghargaan dari Kepala Kanwil Jawa Barat Drs. Dalu Agung Dermawan M.Si kepada Gubernur Jawa Barat melalui Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi Pembangunan Dr. Berli Hamdani.

Selain itu bertindak sebagai Narasumber dalam acara tersebut yaitu Kepala Biro Perekonomian Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat Drs. Benny Bachtiar, M.Si dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Jawa Barat Ir. Bambang Tirtoyuliono.

 

Ovan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini