Pemkab Subang Siapkan Lahan 100 Hektar untuk Kembangkan Sereh Wangi

SUBANG,Lampusatu.com – Dalam rangka mendukung ketahanan pangan dimasa pandemi covid-19, Koperasi Ganas Madu Sejahtera menyelenggarakan kegiatan penanaman perdana sereh wangi oleh kelompok tani sereh wangi binaan koperasi Ganas Madu Sejahtera di Rancakandong Kelurahan Sukamelang, Kecamatan Subang, Rabu (30/9/20).

Wakil Bupati Subang, Agus Masykur Rosyadi atau yang akrab disapa Kang Akur menghadiri kegiatan tersebut sekaligus melaksanakan penanaman pertama.

Ketua Koperasi ganas madu sejahtera Ratno Pujana dalam laporannya menyampaikan bahwa program kegiatan penanaman perdana sereh wangi merupakan program pertama yang dilakukan koperasi ganas madu sejahtera dalam bidang pertanian dalam rangka mendukung program ketahanan pangan.

Sekretaris Dinas Koperasi UMKM Perdagangan dan Perindustrian Suwitro menyampaikan bahwa kebanyakan Koperasi banyak yang dibidang simpan pinjam namun koperasi ganas madu sejahtera salah satu programnya bergerak dalam bidang pertanian dengan menanam sereh wangi yang turut mendukung program pemerintah.

Baca juga  DPRD Kabupaten Tegal Kunker ke Pemkab Subang

Dengan kementrian akan siap mendukung kemitraan dan pemasarannya yang mendorong untuk mendukung kesejahteraan masyarakat.

Kabid Perkebuna Dinas Pertanian Wawa dalam sambutannya menyampaikan bahwa penamanan sereh wangi di Subang sangat tepat karena cocok dan sesuai dengan iklim dan kondosi tanah.

Program koperasi ganas madu sejahtera dengan program menanam sereh wangi merupakan kegiatan kolaborasu antara dinas koperasi dan dinas pertanian yang akan dikembangkan di Subang.

Rencana penananaman sereh wangi di Subang program pemerintah pusat akan dilaksanakan di 100 ha diwilayah wanareja melalui anggaran APBN.

Baca juga  Kunker ke Ponpes Baitul Qur'an Purwadadi, Agus Masykur : Satu Desa Satu Hafidz

Dan para pelaku koperasi diharapkan mampu turut serta dalam penanaman di 100 ha tersebut dan dinas pertanian akan siap membantu melalui penyediaan bibit, pengolahan dan pemasarannya.

Kang Akur menyampaikan apresiasi dan bangga kepada koperasi ganas madu sejahtera walau baru terbentuk namun sudah eksen kegiatan penanamana perdana sereh wangi dengan para petani yang hasul panennya akan dijual dan diolah menjadi minyak atsiri.

Kegiatan yang positif yang dilakukan oleh teman-teman Koperasi tersebut dalam rangka ketahanan pangan yang menjadi program pemerintah pusat.

Pemerintah daerah menyambut baik penanamanan perdana sereh wangi dalam mendukung ketahanan pangan karena Subang memiliki sumber daya alam yang luas yang mampu mendukung ketahanan pangan Subang bahkan nasional.

Baca juga  Masih Ada 22 Desa di Subang yang Belum Deklarasi ODF

Porensi Subang diantaranya baik ditanam sereh wangi, ubi jepang, porang yang diharapkan mampu memenuhi ekspor.

Sereh wangi pasarnya luas keluar bahkan untuk dalam daerah masih diperlukan.

“Rencananya ada 100 hektar yang akan dilakukan penamanan sereh wangi di Subang dan kedepannya akan dibangun juga penyulingannya,”ujarnya.

“Dibutuhkan semangat motivasi dan ketekadan untuk membangun usaha pertanian dan koperasi bukan hanya menunggu bantuan pemerintah,”pungkasnya.

Hadir pada kegiatan tersebut ketua koperasi ganas madu sejahtera, perwakilan dari sekretaris dinas Koperasi, perwakilan dinas Pertanian, Babinsa dan Babinkamtibmas, perwakilan pengusaha sereh wangi, calon investor dan pemilik lahan.

 

Galih Andika

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini