Pemkab Subang Sulap Lahan Tidur Jadi Mal Pelayanan Publik yang Dibangun dari Dana Hibah !

31
Foto : Dok.Prokopim Pemkab Subang.

SUBANG,Lampusatu.com – Di era kepemimpinan ‘Jimat Akur’ sebutan Bupati Subang, H.Ruhimat dan wakilnya Agus Masykur Rosyadi tahun ketiga bakal menyulap lahan tanah tidur menjadi bangunan yang diprioritaskan untuk multifungsi pelayanan.

Bangunan yang bersumber dari dana hibah dari PT. Bima Eka Jaya – Bimagroup tersebut berupa Mal Pelayanan Publik (MPP) yang baru saja groundbreaking hari ini, Rabu (29/9/2021) olehSekretaris Daerah Kabupaten Subang H. Asep Nuroni tepatnya di eks Pasar Panjang.

Dalam laporannya Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Subang, Drs. Rahmat Fatharrahman, M.Si menyampaikan kebijakan penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik berdasarkan undang-undang pelayanan publik dan peraturan menteri PANRB nomor 23 tahun 2017 tentang penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik.

Ia mengatakan MPP merupakan salah satu strategi untuk mendorong terciptanya kondisi yang suportif dan kondusif dalam mendapatkan pelayanan baik perizinan dan non perizinan.

Adapun fasilitas yang akan disediakan Mal Pelayanan Publik Subang diantaranya Konter pelayanan, Ruang pusat informasi/ pengaduan dan konsultasi, area bermain anak, ruang laktasi, fasilitas untuk penyandang disabilitas, ATM center, Toilet, meeting room, balai pertemuan, balai nikah, ruang ibadah, kantin, dan sebagainya.

Baca juga  Horee, Subang Punya Videotron Baru di Depan Wisma Karya

Ia pu menyampaikan maksud dan tujuan ground breaking ini adalah wujud rasa syukur atas komitmen kerja sama PT. Bima Eka Jaya dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Subang dalam mendukung program pemerintah khusunya dalam pembangunan mal pelayanan publik.

Sementara itu Direktur Utama PT. Bima Eka Jaya Kushendar mengatakan pembangunan MPP ini merupakan bukti kerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Subang, serta dengan pembangunan ini untuk mendukung program pemerintah bukan untuk kepentingan yang lain.

Ia menyampaikan dukungan pembangunan MPP dengan bermodalkan investasi di beberapa daerah di Jawa Barat, tepatnya di Subang, Majalengka, Pangandaran, dan Bogor.

“Dalam program insvestasi di Subang pun, kami juga akan membangun outlet perdagangan terutama untuk UMKM yang ada di Kabupaten Subang” ujarnya.

Dalam sambutannya, Sekda Kabupaten Subang Asep Nuroni mengucapkan terima kasih atas kesediaan PT. Bima Eka Jaya untuk memfasilitasi Pemkab Subang dalam membangun Kabupaten Subang.

” Semoga kerja sama antara Pemerintah Daerah Kabupaten Subang dengan PT. Bima Eka Jaya dapat terus berjalan, untuk mewujudkan penyelenggaran pemerintahan dan pelayanan publik yang lebih berkualitas,”ujarnya.

Baca juga  Kunker Ketiga Kecamatan, Bupati Subang Ikut Sosialisasikan New Normal

Dirinya mengatakan dalam rangka bangkit dari keterpurukan ekonomi akibat pandemi Covid-19, perlu dibangun iklim usaha yang baik diantaranya melalui proses perizinan dan non perizinan yang memberikan kemudahan, kecepatan, keterjangkauan, keamanan, dan kenyamanan kepada masyarakat dalam mendapatkan pelayanan. Serta memberikan kemudahan berusaha salah satunya dengan pembangunan Mal Pelayanan Publik.

Ia menambahkan berkaitan dengan Mal Pelayanan Publik, Pemerintah Daerah Kabupaten Subang bersungguh-sungguh untuk menciptakan kondisi yang suportif dan kondusif dalam mendapatkan pelayanan publik atas barang, jasa, dan pelayanan administrasi yang merupakan perluasan fungsi pelayanan terpadu baik pusat maupun daerah serta BUMN atau BUMD dan swasta.

Terkait akan hal itu, ditegaskan dia , Pemkab Subang meminta dukungan kepada masyarakat dan bisa menyambut dengan baik.

“Saga berharap melalui pembangunan Mal Pelayanan Publik ini, pelayanan perizinan dan non perizinan dapat terlayani dengan cepat, mudah, dan transparan,”terangnya.

Sementara itu Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpanrb Prof. Dr. Diah Natalisa, MBA mengatakan Konsep pelayanan terpadu yang selama ini dilaksanakan oleh DPMPTSP telah bertransformasi menjadi dimensi yang lebih tinggi yaitu dengan konsep Mal Pelayanan Publik, yang merupakan sebuah strategi untuk mewujudkan integrasi berbagai pelayanan guna mendorong terciptanya kondisi yang suportif dan kondusif dalam mendapatkan pelayanan baik perizinan dan non-perizinan.

Baca juga  Bupati Purwakarta : Gotong-royong Tangani Pandemi, Semua Pihak Diminta Kerja Extraordinary

“Dalam kesempatan ini saya ingin menekankan pentingnya keterpaduan dalam penyelenggaraan MPP, dimana memadukan layanan tidak hanya dilakukan secara fisik namun juga secara system,” ujarnya.

Dirinya mengingatkan bahwa terwujudnya pembangunan MPP ini memerlukan kerja keras dan komitmen dari seluruh pihak bukan hanya tanggung jawab PT Eka Bima Jaya, namun juga seluruh elemen pemerintah dan masyarakat Kabupaten Subang.

Dirinya juga berharap MPP yang dibangun dapat menjawab berbagai kebutuhan pelayanan bagi seluruh warga Kabupaten Subang.

” Agar pemerintah Kabupaten Subang dapat terus menciptakan lingkungan yang kolaboratif antar penyedia pelayanan sehingga terwujud budaya inovasi yang berkelanjutan dalam proses pemberian pelayanan,”pungkasnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Ketua DPRD Subang H. Narca Sukanda, S.Sos., Kapolres Subang AKBP Sumarni, Danwing 8 Danlanud Suryadarma, perwakilan Kodim 0605 Subang, perwakilan Pengadilan Negeri Subang, perwakilan Kejaksaan Negeri Subang, para Kepala OPD se Kabupaten Subang, para perwakilan perusahaan, serta para perwakilan perbankan.

 

Ovan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini