Connect with us

Pemerintah

Subang Jawara Cooperative Fair 2019, Spirit Kembalikan Kejayaan Koperasi

Published

on

Foto : Bupati Subang H. Ruhimat saat mengunjungi salah satu stand milik UMKM dalam acara Subang Jawara Cooperative Fair 2019 yang diselenggarakan oleh DKUPP Subang di halaman Gedung PLUT KUMKM jalan KS Tubun No. 40 Subang, Selasa (26/3/2019) siang.

SUBANG,Lampusatu.com – Dinas Koperasi UMKM Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) Kabupaten Subang menggelar Subang Jawara Cooperative Fair 2019.

Acara ini dibuka langsung oleh Bupati Subang H. Ruhimat di halaman Gedung PLUT KUMKM jalan KS Tubun No. 40 Subang, Selasa (26/3/2019) siang.

Bupati Subang menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kementerian Koperasi dan UKM RI dan Dinas Koperasi dan usaha kecil Provinsi Jabar atas dukungannya dalam memajukan koperasi di Kabupaten Subang diantaranya pengesahan badan hukum koperasi.

“Saya berharap arahan dan bimbingan kedepannya akan semakin intesif sehingga koperasi dan UKM di Kabupaten Subang semakin kokoh dan kuat,”ujar Bupati Subang H.Ruhimat ditandai dengan gunting pita.

Dengan berbadan hukum lanjut Bupati, tentunya akan sangatlah membantu pengembangan koperasi, antara lain mempermudah akses pembiayaan dari lembaga keuangan maupun dari dana CSR.

Baca juga  Sebanyak 18 orang Mahasiswa Internasional Berkunjung ke Purwakarta, Ada Apa ?

“Saya juga mengapresiasi terhadap DKUPP Kab. Subang atas terselenggaranya “Jawara Cooperative Fair 2019 dalam rangkaian HUT Subang ke-71.

“Kegiatan ini merupakan suatu kegiatan yang bisa dilihat, didengar, diraba dan dirasakan bahkan orang bisa menyaksikan demo suatu proses produk yang dihasilkan koperasi dan UKM,”jelasnya.

Sementara itu Kadis DKUPP Rahmat Fattarahman mengungkapkan bahwa acara ini digelar dalam rangka mewujudkan Subang Jawara melalui program Jawara Niaga.

“Sesuai dengan arahan Bapak Bupati dan Wakil Bupati Subang yang berkeinginan untuk membangkitkan kembali kejayaan koperasi di Kabupaten Subang, DKUPP terus berupaya untuk mewujudkan hal tersebut,”kata Rahmat.

Dijelaslannya, sejak dilantiknya Bupati dan Wakil Bupati, hingga saat ini sudah terbentuk 61 koperasi baru. Untuk itu diharapkan jumlah tersebut akan terus bertambah dan akan tumbuh koperasi unggulan diberbagai daerah di Kabupaten Subang.

Baca juga  Sertijab, Ating Rusnatim Jabat Plt Bupati Subang

“Untuk mengembangkan koperasi di dunia pendidikan, DKUPP juga telah memfasilitasi Badan Hukum bagi 42 keluarga Koperasi SMP dan 14 Koperasi SMA se-Kabupaten Subang dan koperasi kelompok usaha mikro di Kabupaten Subang,”paparnya.

Selain itu, lanjut Rahmat, pihaknya juga telah memfasilitasi pelatihan bagi kasir Koperasi Simpan Pinjam dan Koperasi Usaha Se-kabupaten Subang.

“Dalam acara ini kita serahkan 18 sertifikat standar kompentensi bagi kasir KSP dan Koperasi Serba Usaha yang telah lulus uji kompetensi. Dan pada hari yang sama diserahkan bantuan hibah kepada gerakan koperasi,”ungkapnya.

Selain itu, semua program yang diselenggarakan di PLUT KUMKM Subang, yang telah hampir 4 tahun turut berperan dalam pengembangan koperasi dan UKM di Kabupaten Subang.

“Sejak beroperasi akhir 2015 lalu, PLUT KUMKM Subang terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada para Koperasi dan UMKM Kabupaten Subang. Hingga saat ini sudah lebih 3000 orang terjangkau oleh layanan PLUT KUKM Subang melalui berbagai pelatihan Bimbingan Teknis maupun Pelatihan Teknologi Tepat Guna (TTG),”jelasnya.

Baca juga  Gubernur Jabar Resmi Lantik Ating Rusnatim Menjadi Wabup Subang

Selain diselenggarakan sendiri oleh PLUT KUMKM Subang, berbagai pelatihan tersebut dilaksanakan dengan bekerjasama dengan berbagai pihak yang telah bersinergi dengan PLUT KUMKM Subang, baik dengani dinas, lembaga, maupun berbagai perusahaan.

Selain pelayanan konsultasi, PLUT Subang juga memberikan beberapa fasilitasi gratis, diantaranya desain label produk dan foto produk.

“Ratusan desain lebel dan foto produk gratis sudah diberikan. Sepanjang tahun 2018 sebanyak 38 KUMKM telah terfasilitasi dengan jumlah nominal Rp. 690.000.000,-. Dengan berbagai fasilitasi tersebut jumlah pelaku usaha yang datang berkonsultasi ke PLUT KUMKM Subang semakin bertambah setiap tahunnya,”pungkasnya.

 

 

Red : Galih Andika