Wabup Subang Temui Langsung Korban Banjir di Kecamatan Blanakan

SUBANG,Lampusatu.com – Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi melakukan blusukan untuk meninjau sekaligus memberikan bantuan untuk korban banjir wilayah pantura, Selasa (9/2/21).

Dalam kunjungannya, Kang Akur sapaan akrab Wakil Bupati Subang sebelumnya memantau bendungan pintu air Cijengkol untuk melihat debit air yang mengalir begitu besar dan deras.

Wabup Subang, Agus Masykur Rosyadi menyerahkan bantuan langsung ke korban banjir di Kecamatan Blanakan.

Dilanjutkan ia meninjau ke beberapa titik daerah yang terkena banjir yaitu Desa Cilamaya Girang, Desa Cilamaya Hilir, Desa Rawa Meneng Kecamatan Blanakan serta Kecamatan Ciasem.

Bantuan yang disalurkan Kang Akur berupa mie instan, roti, masker, obat-obatan, air mineral dan minuman energi.

Baca juga  Gencar Sosialisasikan Pencegahan Covid-19, Diskominfo Subang Wawar Keliling Hingga ke Pantura

Berdasarkan laporan dari masing-masing kades bahwa di desa Cilamaya Girang dan Cilamaya Hilir hampir semua dusun terkena banjir sedangkan untuk wilayah Desa Rawameneng sekitar 4 desa tergenang air banjir. Yang terkena dampak banjir diantaranya permukiman warga dan persawahan.

Baca juga  Pemkab Purwakarta Anggarkan Rp.14 Miliar untuk Jamin Kesehatan Warganya

Semua wilayah yang terkena banjir tersebut dampak dari meluapnya air sungai dan jebolnya beberapa titik tanggul sungai Cilamaya. Dan dari pantauan petugas pintu air Cijengkol bahwa tahun ini debit air yang keluar pintu air Cijengkol yang paling besar sejak 20 tahun terakhir jadi wajar saja kalo wilayah Subang utara banyak wilayah yang terkena musibah banjir

Baca juga  Pemkab Subang Siapkan Lahan 100 Hektar untuk Kembangkan Sereh Wangi

Kang Akur berharap kepada para pengungsi warga yang terkena dampak banjir untuk sabar atas musibah yang menimpa.

“Semoga banjir segera surut sehingga masyarakat bisa beraktifitas seperti biasa,”ujarnya.

Terjadinya banjir dikarenakan curah hujan yang tinggi karena iklim yang ekstrim sehingga meluapnya air sungai Cijengkol karena debit air yang tinggi akibat curah hujan tinggi beberapa hari ini serta pengaturan pintu air Cijengkol yang perlu diperhatikan karena bila dibuka pintunya pasti daerah Ciasem dan Blanakan akan lebih besar banjirnya.

Baca juga  Pemkab Purwakarta Anggarkan Rp.14 Miliar untuk Jamin Kesehatan Warganya
Baca juga  Tinjau Pengerjaan Proyek Jalan Desa Tanjung, Bupati Subang Minta Camat dan Kades Perketat Pengawasan

Kang Akur juga pada kunjungan tersebut sekaligus meninjau rumah yang dijadikan tempat pengungsian dan dapur umun siaga dampak bencana banjir yang diadakan secara spontan dan swadaya.

Dalam kunjungan ke daerah terdampak banjir, Wabup Subang didampingi oleh Camat Blanakan Hazizul Hakim, Kades Cilamaya Girang, Kades Cilamaya Hilir, Kades Rawameneng, Kapolsek, Danramil, unsur Muspika Kecamatan Blanakan.

 

 

Galih Andika

Populer

Berita terbaru

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini