Beasiswa Pertamina 2021 D3 dan S1, Ini Link Pendaftaran dan Syaratnya

29

Lampusatu.com Pertamina Foundation melalui program PF prestasi, kembali membuka program Beasiswa Pertamina Sobat Bumi 2021.

Nantinya, ada 350 mahasiswa dari kampus mitra yang akan diberikan bantuan berupa biaya SPP, biaya hidup bulanan mahasiswa. Termasuk, bisa mengikuti rangkaian kegiatan pembelajaran serta pembentukan karakter melalui kegiatan peningkatan kapasitas dan Aksi Sobat Bumi.

Beasiswa ini, dibuka untuk mahasiswa S1/Diploma serentak pada 29 Maret 2021 di seluruh kampus mitra wilayah area bisnis Pertamina. Untuk kampus yang menjadi mitra di tahun 2021 jumlahnya bertambah. Dari yang awalnya hanya 25 kampus kini menjadi 36 kampus.

Melansir dari laman Pertamina Foundation, berikut syarat, jenis beasiswa dan bentuk bantuan beasiswa yang bisa didapatkan:

Persyaratan umum

Warga Negara Indonesia (WNI)

Mahasiswa Aktif

Untuk mahasiswa vokasi minimal diploma III atau sederajat dan sedang menempuh Semester II

IP atau IPK sampai semester II adalah ≥ 3,0 skala 4

Aktif ikut organisasi/ kegiatan sosial kemasyarakatan/ lingkungan hidup

Tidak sedang menerima beasiswa dari pihak manapun

Tidak pernah terlibat penyalahgunaan obat terlarang/ narkoba, dan kegiatan tindak kriminal lainnya

Membuat karya tulis, dengan tema: “Berbagi Pengalamanku dalam Aksi Solidaritas Covid-19, dan Rencana Aksi Recovery Covid-19” dengan ketentuan minimal 3 halaman quarto spasi 1,5

Kuliah di kampus mitra Pertamina Foundation

Jenis Beasiswa

1. Beasiswa pertamina sobat bumi S1 reguler

Sasaran penerima beasiswa adalah putra/putri yang kuliah di Perguruan Tinggi mitra Pertamina Foundation yang berprestasi di bidang akademik, mempunyai kepedulian terhadap kelestarian lingkungan, berkomitmen untuk berkontribusi positif terhadap hidup yang ramah lingkungan, dan diutamakan memiliki keterbatasan secara ekonomi.

Baca juga  Ini yang Disampaikan Bupati Subang Dihadapan Ratusan Wisudawan STKIP – STMIK

Komponen bantuan beasiswa

Bantuan biaya pendidikan merupakan bantuan untuk pembayaran Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP) Perguruan Tinggi termasuk pembayaran praktikum, buku dan pembinaan mahasiswa.

Bantuan biaya hidup, merupakan bantuan pendukung untuk kegiatan pendidikan. Pemberian bantuan biaya hidup melekat dengan bantuan biaya pendidikan. Dalam hal mahasiswa/ mahasiswi mengajukan cuti kuliah sehingga tidak mendapatkan pembiayaan beasiswa pendidikan maka biaya hidup juga akan dihentikan sampai mahasiswa menyelesaikan cutinya.

Bantuan kegiatan Aksi Sobat Bumi. Penerima beasiswa diwajibkan untuk aktif terlibat dalam kegiatan-kegiatan sosial, pelestarian lingkungan dan berkontribusi positif terhadap perbaikan lingkungan sekitar. Diberikan bantuan yang bersifat stimulan dengan besaran disesuaikan kemampuan Pertamina Foundation untuk kegiatan green living dan environmental sustainability yang dapat dilakukan secara perseorangan maupun berkelompok.

Training Capacity Building. Penerima beasiswa akan mendapatkan training pengembangan individual yang dikoordinir oleh Pertamina Foundation mengenai pengetahuan, motivasi, ketrampilan, maupun pengembangan organisasi seperti pengembangan jaringan, leadership, dan lain lain.

Gathering Sobat Bumi (atau kegiatan sejenisnya). Penerima beasiswa wajib mengikuti kegiatan yang berupa orientasi/ pengenalan beasiswa dan sobat bumi, kegiatan aksi sobat bumi, dan team building.

2. Beasiswa Pertamina Afirmasi Daerah Operasi

Baca juga  Jadi Pembina Upacara di SMPN 1 Dawuan, Danramil Kalijati Minta Para Pelajar Hindari Miras dan Narkoba

Beasiswa Pertamina Afirmasi Daerah Operasi adalah jenis Beasiswa Sobat Bumi yang diberikan bagi pelajar/mahasiswa/masyarakat yang memiliki prestasi, potensi, perhatian khusus, kawasan tertentu, dan atau kebijakan khusus dari Donatur /Yayasan.

Komponen bantuan beasiswa

Pertamina IIT Tingkat SLTA, terdiri dari:

Bantuan biaya hidup/uang saku dan Pengasuhan

Bantuan SPP/Pendidikan

Bantuan Akomodasi

Bantuan Kepulangan Tamat SLTA

Bantuan Persiapan Kuliah/Kerja

Bantuan Pengelolaan Administrasi Beasiswa

Bantuan Peningkatan Kapasitas Sekolah Guru dan Pengasuh

3. Beasiswa Pertamina Inspirasi Indonesia Timur (IIT) Tingkat Sarjana

Beasiswa Pertamina Inspirasi Indonesia Timur (IIT) Tingkat Sarjana adalah program beasiswa yang ditujukan pada mahasiswa dari wilayah Indonesia Timur dan utamanya dari daerah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal) untuk peningkatan kemampuan akademik, pengembangan ketrampilan, dan kepekaan sosial agar siap menjadi motor gerakan lingkungan dan kader pemimpin masa depan yang ramah lingkungan.

Komponen bantuan beasiswa

Pertamina IIT Tingkat Sarjana, terdiri dari:

Bantuan biaya hidup

Bantuan Pendidikan/SPP/Uang Kuliah Tunggal (UKT)

Bantuan Aksi Sobat Bumi

Bantuan Peningkatan Kapasitas/Pelatihan

Bantuan orientasi lingkungan/gathering

4. Beasiswa Pertamina Khusus Sumbawa

Beasiswa yang ditujukan pada mahasiswa dari wilayah Sumbawa Nusa Tenggara Barat, untuk peningkatan kemampuan akademik, pengembangan ketrampilan, dan kepekaan sosial agar siap menjadi motor gerakan lingkungan dan kader pemimpin masa depan yang ramah lingkungan.

Komponen bantuan beasiswa

Pertamina Khusus Sumbawa, terdiri dari:

Bantuan biaya hidup

Baca juga  Politeknik Negeri Subang Wisuda 213 Lulusanya

Bantuan Pendidikan/SPP/Uang Kuliah Tunggal (UKT)

Bantuan Aksi Sobat Bumi

Bantuan Peningkatan Kapasitas/Pelatihan

Bantuan orientasi lingkungan/gathering

5. Beasiswa Pertamina Bakat/Prestasi/Seni/Profesi

Beasiswa Pertamina Bakat/Prestasi/Seni/Profesi adalah progam beasiswa yang ditujukan pada pelajar/mahasiswa/masyarakat yang memiliki prestasi/memiliki keahlian di bidang olahraga/Seni/Profesi atau pengabdian masyarakat.

Komponen bantuan beasiswa

Bakat/Prestasi/Seni/Profesi, terdiri dari:

Bantuan biaya hidup

Bantuan Pendidikan/SPP/Uang Kuliah Tunggal (UKT)

6. Program Beasiswa Pertamina Vokasi

Program merupakan apresiasi yang diberikan kepada mahasiswa yang terampil, dan kreatif yang sedang menempuh studi diploma di kampus mitra kerjasama Pertamina Foundation.

Komponen bantuan beasiswa

Bantuan biaya hidup, disalurkan langsung melalui rekening penerima beasiswa

Bantuan biaya pendidikan dengan besaran seperti pada pokok surat untuk Semester genap 2019/2021 dan Semester ganjil 2020/2021 akan disalurkan langsung melalui rekening penerima beasiswa

Bantuan Biaya Praktek Kerja per semester

Capacity Building

Bantuan Aksi Sobat Bumi

7. Beasiswa Pertamina Peduli

Beasiswa ini diberikan bagi pelajar/ mahasiswa/ masyarakat/ penyandang disabilitas atau berkebutuhan khusus yang direkomendasikan pihak sekolah/ perguruan tinggi, dinas atau pihak berwenang yang diutamakan berasal dari keluarga kurang mampu.

Persyaratan

Warga Negara Indonesia (WNI)

Siswa/Mahasiswa aktif penyandang Disabilitas atau berkebutuhan khusus

Direkomendasikan pihak Sekolah/Perguruan Tinggi, Dinas atau Pihak berwenang

Tidak terlibat penyalahgunaan obat terlarang/narkoba dan kegiatan tindak kriminal lainnya.

Jika tertarik, mulai 29 Maret calon pendaftar bisa mengakses di laman https://beasiswa.pertaminafoundation.org/

Sumber : kompas.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini