Connect with us

Pendidikan

Kadisdik Purwakarta Ajak Para Pelajar Gelar Aksi Tanam Padi di Lingkungan Sekolahnya

Published

on

Foto : Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Purwakarta H. Purwanto bersama jajaran manajemen Sekolah SMP Negeri 10 Purwakarta dan SD Negeri 8 Kahuripan menggelar aksi tanam padi di lingkungan sekolah, Rabu (08/01).

PURWAKARTA,Lampusatu.com – Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Purwakarta H. Purwanto bersama jajaran manajemen Sekolah SMP Negeri 10 Purwakarta dan SD Negeri 8 Kahuripan menggelar aksi tanam padi di lingkungan sekolah, Rabu (08/01). Kegiatan ini diikuti seluruh Guru dan peserta didik SD dan SMP Kahuripan Purwakarta.

Ditemui di lokasi, Kepala Sekolah SMP Negeri 10 Purwakarta, Neneng Patimah, mengatakan, pada kegiatan itu para siswa menanam padi varieitas Inpari IR Nutri Zinc. Varietas padi tersebut, lanjutnya, merupakan padi yang sangat bagus karena banyak bijinya.

“Ditambah lagi kualitas nutrisi dari padi tersebut. Padi dengan varietas ini dinilai dapat mencegah stanting atau utet pada anak karena kurang nutrisi. Padi ini diperoleh berkat kerjasama dengan Dinas pertanian,” katanya.

Baca juga  Lanud Suryadarma Sosialisasikan SMA Pradita Dirgantara Di Kota Subang

Lebih lanjut, Neneng menjelaskan bahwa dalam prakteknya para siswa masing-masing diberikan benih dengan kuantitas yang sama. Lalu, siswa diajarkan proses penanaman padi, yaitu menaruh lima biji benih padi kedalam ember.

“Mereka pun diajarkan cara merawat dan menumbuh-kembangkannya, yaitu dengan cara menyiram setiap hari dan diberikan pencahayaan sinar matahari. Sehingga, padi bisa tumbuh dengan baik,” katanya.

Dengan jalan ini, timpal dia lagi, para siswa diharapkann dapat memahami proses penanaman, menuai, hingga sampai memanen sejak usia belia.

Baca juga  Batalyon Armed 9/2/1 Pasopati Kostrad Berikan Pelatihan Bela Negara ke Pelajar SMPN 3 Purwakarta

“Jangan sampai peserta didik hanya mengenal memakannya saja. Oleh karena itu, mereka harus mengetahui dan memahami prosesnya, sehingga mereka memiliki kecintaan pada alamnya sendiri. Tidak instan!” tukasnya.

Ia berharap, mudah-mudahan dengan pendekatan ini anak-anak bisa bercocok tanam di kelas. Hal tersebut merupakana pembelajaran berharga buat mereka setiap hari. Termasuk, salahsatu cara pula untuk membentuk karakter anak dimana mereka akan bisa lebih menghargai proses produksi makanan dan terdidik untuk tidak membuang makanan se-enaknya.

Terpisah, diwawancara setelah pelaksanaan kegiatan, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Purwakarta, H. Purwanto menegaskan bahwa gerakan penanaman padi akan digelar secara luas di seluruh sekolah di Kabupaten Purwakarta–lebih khusus yang berada dibawah pembinaan Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta.

Baca juga  Jadi Kenyataan, Bayar SPP Sekolah Bisa Dibayar Melalui Gopay

“Gerakan ini bertujuan agar peserta didik memahami bagaimana proses produksi padi, dari mulai ditanam hingga nanti panen. Media yang digunakan adalah ember yang disimpan didepan kelas. Pendekatan ini tidak lain adalah bagian dari media Pendidikan. Kalau di SMPN 10 Purwakarta ini kan sudah memiliki area pesawahan, kemudian untuk pengawasan nanti akan dilakukan oleh para pengawas Sekolah. Kemudian, mereka akan melakukan pengawasan mana saja Sekolah yang melakukan dan yang tidak melakukan,” demikian komentarnya.

Sumber : Indojabar