Connect with us

Pendidikan

KLS- Purbasari Gelar Pelatihan Jurnalistik kepada Guru SD dan SMP se- Kabupaten Purwakarta

Published

on

Foto : Komunitas Literasi Sekolah - Purwakarta Membaca Setiap Hari (KLS-PURBASARI) mengadakan pelatihan jurnalistik untuk guru SD dan SMP se-Kabupaten Purwakarta,  di aula SMPN I Purwakarta, Senin  (14/5/2018).

PURWAKARTA,Lampusatu.com,- Komunitas Literasi Sekolah – Purwakarta Membaca Setiap Hari (KLS-PURBASARI) mengadakan pelatihan jurnalistik untuk guru SD dan SMP se-Kabupaten Purwakarta,  di aula SMPN I Purwakarta, Senin  (14/5/2018).

Hadir pada kesempatan ini Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Purwakarta, H. Purwanto yang sekaligus membuka acara.

Dalam acara ini juga menghadirkan  sejumlah narasumber pelatihan, diantaranya, Kasubbag Perencanaan dan Pelaporan Disdik Purwakarta, Ervin Aulia Rachman, kemudian editor pendidikanpurwakarta.com, Widdy Apriandi dan keynote speaker, Deny Rochman yang mengulas tuntas seputar praktek wawancara, editing dan publishing.

Ketua pelaksana kegiatan, Iis Kartis menuturkan bahwa kegiatan pelatihan yang dihelat pihaknya merupakan wujud nyata penerapan program “Purwakarta Membaca Buku Setiap Hari” (Purbasari) yang bertujuan mendongkrak kesadaran literat.

Sementara, literasi itu sendiri, singgung dia, merupakan implementasi amanat undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

“Di sekolah sudah terbentuk karya-karya yang banyak. Hadirnya pelatihan jurnalistik ini agar karya-karya tersebut bisa terpublikasi. Purbasari memandang perlu pelatihan jurnalistik. Nantinya agar ada mading dan buletin di sekolah, sehingga bakat-bakat terpendam di bidang jurnalistik dapat terus terasah. Dengan demikian, dampaknya adalah peningkatan kapasitas diri guru pembelajar,” kata Iis Kartis dilansir dilaman pendidikanpurwakarta.com disela-sela acara yang diikuti juga sejumlah praktisi pendidikan dan jurnalistik.

Sementara, soal teknis penyelenggaraan, Iis menjelaskan bahwa pelatihan berlangsung selama empat jam.

“Kegiatan ini dimulai pukul 08.00 s.d 13.00 WIB yang di ikuti sebanyak 48 peserta dari Perwakilan di setiap sekolah SD dan SMP.  Tema yang diusung adalah “Mewujudkan insan yang literat dan berkarya guna,”jelasnya.

Kadisdik Motivasi Guru Jadi Insan Literat

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik), H. Purwanto menyanjung inisiatif Ketua Pelaksana Kegiatan, Iis Kartis. Dia mengaku sangat berbangga hati, karena ternyata masih ada praktisi pendidikan di lingkungan Disdik Purwakarta yang peduli terhadap masa depan literasi di Kabupaten Purwakarta.

“Inisiator itu penting untuk perubahan. Jika tidak ada inisiator, maka tidak akan pernah ada peradaban literat di Purwakarta khususnya,” katanya.

Lalu, Kadisdik Purwakarta tak lupa memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para guru yang penuh atensi mengikuti kegiatan pelatihan jurnalistik.

Kampanye literasi melalui pelatihan jurnalistik, tegasnya, harus lahir dari diri seorang guru sendiri. Dengan begitu, lanjutnya lagi, semangat literasi dapat ditularkan ke banyak orang.

“Guru pembelajar harus memiliki kemauan untuk meningkatan kapasitas diri. Alhamdulilah, di Kabupaten Purwakarta, para guru mempunyai semangat belajar yang tinggi. Hal ini merupakan modal yang luar biasa untuk menghadapi perkembangan zaman yang sudah melesat jauh pada sisi teknologi. Kita sebagai guru harus memiliki daya kreatif dalam pembelajaran,” ujarnya.

Dia menambahkan, karena perkembangan teknologi yang kian pesat itulah, maka kelas Informasi & Teknologi (IT) harus diciptakan.

“Jika kita ingin mewujudkan perubahan, maka kita harus benar-benar melakukannya. Dalam menghadapi perkembangan teknologi,  tidak ada cara lain selain kita harus memanfaatkan sarana teknologi semaksimal mungkin untuk proses belajar-mengajar,” tuturnya.

Di akhir paparannya, Kadisdik Purwanto mengatakan sangat menunggu karya-karya jurnalistik dari para guru, lebih khusus yang mengikuti kegiatan pelatihan ini.

“Jadilah insan-insan literat dan mari bersama-sama saling mendo’akan, semoga apa yang kita semua cita-citakan dan impikan bisa tercapai. Amin,” pesan Kadisdik.

 

Red : Galih Andika

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *