Connect with us

Pendidikan

Peringati Hari Keluarga Nasional ke 26, DPPKB Purwakarta Gelar Lomba Membuat Poster

Published

on

Foto : Foto: puluhan pelajar tengah membuatkan poster bertema dampak kependudukan di kantor DPPKB Purwakarta, Jalan Purnawarman Barat, Kelurahan Sindangkasih, Purwakarta.

PURWAKARTA,Lampusatu.com – Dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional ke 26, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Purwakarta menggelar lomba cerdas cermat Bagi pengurus Kampung KB dan Lomba membuat poster dengan tema dampak kependudukan, untuk tingkat SLTA se Kabupaten Purwakarta, Selasa (2/4/2019).

“Kita berharap kegiatan lomba cerdas cermat Bagi pengurus kampung KB itu semakin memahami program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK). Dengan memahami program KKBPK, nantinya pengurus Kampung KB otomatis bisa di informasikan kembali kepada masyarakat di wilayah-wilayah Kampung KB,” kata Kabid Pengendalian Penduduk dan advokasi, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Purwakarta, Tini Rostini, saat ditemui di sela-sela acara tersebut.

Baca juga  Kontingen Kecamatan Subang Juara  Pertama Festival Tari Kaulinan tahun 2018

Selain lomba cerdas cermat, lanjut dia, pihaknya juga menggelar lomba Poster bertema dampak kependudukan bagi para pelajar tingkat SLTA se Kabupaten Purwakarta.

“Kami berupaya mengedukasi remaja aktif tentang dampak kependudukan, artinya mereka tahu apa saja dampak kependudukan yang mereka rasakan saat ini, misalnya kemacetan dimana-mana, lapangan pekerjaan yang sudah sulit, kemudian banjir banyak yang sering terjadi, serta ketersediaan pangan kalau terus-terusan penduduk membeludak mau dari mana menanganinya,” kata Tini,

Baca juga  BAN- PT Lakukan Visitasi Akreditasi terhadap Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Yasika Majalengka

Melalui lomba Poster ini, tambah dia, Pihaknya mencoba mengajak para remaja untuk menunagkan dalam bentuk gambar yang mengandung makna dari dampak kependudukan itu.

“Dari 34 pelajar tingkat SMA yang ikut lomba poster ini, nantinya kita akan ambil 4 poster terbaik, yang akan kita hak patenkan milik DPPKB. Nah ke 4 poster tersebut akan kita cetak untuk di sebarkan ke seluruh wilayah Kabupaten Purwakarta,” ujaranya.

Baca juga  Para Pelajar Purwakarta Sambut Meriah Arak-arakan Api Obor Asian Games 2018

Menurutnya, lomba poster bukan satu satunya alat untuk memperkenalkan program KB. BKKBN melalui DPPKB juga telah mengembangkan Pusat Informasi dan Konseling (PIK) kesehatan reproduksi remaja untuk SMA dan mahasiswa.

“Kami berinisiatif menciptakan ruang publik bagi pencurahan daya kreativitas, ekspresi, dan sosialisasi generasi muda,” pungkasnya.

 

Wartawan : Alif