Connect with us

Pendidikan

Ponpes Darul Falah Siapkan Konseling Anak “Broken School”

Published

on

Foto : Ponpes Darul Falah: Jalan Patrol Panyeredan Kampung Patrol Desa Cimanggu Kecamatan Cisalak Kabupaten Subang .

SUBANG,Lampusatu.com,- Pondok Pesantren Darul Falah Subang dalam rangka memperkaya kegiatan pelajar tingkat SMP telah menyelesaikan program Masa Pengenalan Lingkungan Siswa belum lama ini, MPLS yang dilakukan selama 4 hari ini ditutup dengan kegiatan Hiking Rally dikawasan yang asri pedesaan.

SMP NU Darul Falah yang memiliki program Boarding school ini memiliki program unggulan bagi para siswanya, menjadikan pesantren sebagai rumah kedua para siswa, keberadaan para siswa sangat menikmati atau enjoy berada tinggal di asrama mereka.

Program yang tidak mengadopsi anti hukuman fisik dan melakukan pendekatan psikologis secara cultural SMPNU Darul Falah bertekad memberikan The Different School Culture berbasis boarding school.

” Disini tidak ada hukuman fisik, denda dan lainnya kami melakukan pendekatan psikis dan berharap pesantren atau asrama menjadi rumah kedua mereka, mengajarkan kesadaran dan kedekatan,” ucap Kepala Asrama SMPNU Darul Falah, Riki Hamdani.

Menurutnya visi yang digagas di Ponpes Darul Falah ini memang lebih mengedepankan Humanisne, pendekatan psikis dan kultural selain ditunjang guru-guru profesional lulusan perguruan tinggin negeri dan swasta di Indonesia.

“Kami ingin para siswa SMP kami belajar rileks, tak dibebani pekerjaan rumah berlebihan dan lebih mendidik pada kesadaran tanpa mengesampingkan aspek profesionalitas pengajar dan aspek kurikulum nasional,” ungkap Kepala SMP NU Darul Falah, Abdulrohman, S.Ag.

Jika Anak Anda Broken School, Apa Langkah Yang Harus ditempuh?

Ada gejala yang muncul akhir akhir ini berupa kejenuhan anak kepada sekolahnya, hal ini bisa dilihat dari analisa kasus pelajar yang pindah dari sekolah asal, menurut Ketua Yayasan Ponpes Darul Falah, Ridwan Hartiwan biasanya mereka awalnya bolos, terlambat datang ke sekolah, skorsing dan ada juga enggan banyak beban belajar/pr, kami istilahkan dengan anak “broken school” atau jenuh dengan kegiatan sekolah formal.

“Sebabnya banyak mereka kehilangan hak-hak anak kehilangan waktu bermain, menghabiskan waktu dengan bergadget, atau melampiaskan dengan pergaulan bebas, komunitas motor atau ke warner bermain game online,” ungkapnya.

Menurut Ridwan kedepan dia akan menyiapkan Rumah Adaptasi+Terapi Anak korban game online yang dilengkapi fasilitas lengkap termasuk para terapis sosial keagamaan.

“Nantinya anak akan dikonseling secara intens, diajarkan membagi waktu secara positif dan diadaptasi agar bisa bersekolah secara nyaman, kendalanya sekarang tinggal sambungan internet permanen saja,” imbuhnya.

Menurut Ridwan Program tersebut akan dibuka mulai Tanggal 31 Agustus 2018 dan dilaksanakan di dua tempat yakni di Ponpes Darul Falah dan di Pondok Pesantren Darul Adni Majalengka. Pendaftaran bisa dilakukan mulai 22 Juli -20 Agustus 2018 dengan Catatan melakukan pendaftaran via telepon seluler.

“Karena Fasilitas kita terbatas tentu kami ingin optimal dalam mendidik karena kami mengelola aspek rumit seorang anak dari berbagai sudut kependidikan, kita tak bisa menerima banyak siswa dan kita harus tekuni anak-anak yang dikatakan nakal atau istilah-istilah lainnya ini,” pungkasnya.

Ponpes Darul Falah Desa Cimanggu Merupakan lembaga pendidikan Islam terpadu yang memiliki unit pendidikan tingkat SD, SMP dan SMA, program pembelajaran pesantren dan Home Schooling menjadi ciri khas lembaga ini. memiliki jumlah santri 112 Orang saat ini Pesantren Alumni Pondok Pesantren Al Basyariyah Al Gontory ini lebih memilih pola pondok pesantren Salafiyah yang lebih mengedepankan keakraban, kehangatan keluarga dan pola belajar yang sederhana.

Dipimpin Seorang Kyai muda alumni beberapa pesantren terkenal di Indonesia Ponpes Darul Falah berada di sebuah pedesaan yang asri dan nyaman, untuk mengunjungi lembaga ini silahkan menghubungi Contact Centre di Ponpes Darul Falah: Jalan Patrol Panyeredan Kampung Patrol Desa Cimanggu Kecamatan Cisalak Kabupaten Subang Kode Pos 41283.

 

Red : Galih Andika