Connect with us

Pendidikan

Program ‘Hai Desa’, Bentuk Pengabdian Mahasiswa Fasilkom Unsika untuk Masyarakat

Published

on

Foto : Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer,  Universitas Singaperbangsa Karawang menggelar kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Telukbuyung,  Kecamatan Pakisjaya, Kabupaten Karawang.

KARAWANG,Lampusatu.com – Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer,  Universitas Singaperbangsa Karawang menggelar kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Telukbuyung,  Kecamatan Pakisjaya, Kabupaten Karawang.

Kegiatan pengabdian masyarakat tersebut dinamakan ‘Hai Desa’.  Hai Desa merupakan salah satu program kerja unggulan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Unsika masa bakti 2019, dilaksanakan sejak bulan April hingga Oktober 2019 .

Ketua Pelaksana, Alfanda menjelaskan, konsep kegiatan pengabdian kepada masyarakat desa Telukbuyung yaitu terbagi menjadi 6 kategori, yang pertama yaitu calistung (membaca, menulis, menghitung)  di targetkan kepada anak-anak kelas 1 SD sampai 4 SD, kedua yaitu ekskul yang merupakan kegiatan untuk membuat prakarya seni rupa, kategori tersebut di targetkan kepada anak kelas 5 SD sampai 6 SD, ketiga yaitu pecel (pelatihan excel  dan Microsoft Office)  yang di targetkan kepada anak usia remaja.

Istimewa

“Yang keempat adalah cek kesehatan untuk masyarakat umum di desa Telukbuyung, dan dalam kegiatan cek kesehatan tersebut BEM Fasilkom Unsika bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Ilmu Gizi, Fakultas Kesehatan,  Unsika, “ujar Alfanda kepada Lampusatu.com, Rabu (23/10/2019).

Baca juga  Peringati Hari Keluarga Nasional ke 26, DPPKB Purwakarta Gelar Lomba Membuat Poster

Sedangkan yang kelima lanjut dia, yaitu kegiatan seminar penyuluhan untuk kesehatan ibu dan anak bagi ibu-ibu desa Telukbuyung,  terkait kegiatan penyuluhan tersebut BEM Fasilkom Unsika bekerja sama dengan dosen Fakultas Kesehatan yaitu Ibu Irma Yanti, S. SiT., M.Kes, sebagai pemateri dalam seminar tersebut. “Dan yang keenam adalah pengembangan UMKM yang di targetkan kepada ibu-ibu PKK guna meningkatkan kinerja produktif ibu-ibu PKK di desa Telukbuyung,”jelasnya.

Baca juga  KKN, Mahasiswa UNSIKA Ajarkan Pelajar SDN 4 Cisalada Jatiluhur Manfaatkan Sampah Plastik

“Harapan dari kegiatan Hai Desa ini dapat membangun desa yang mandiri dengan berbagai aktivitas, salah satunya yaitu UMKM di Desa Telukbuyung,”pungkasnya.

Istimewa

 

 

Wartawan : Willyam