Connect with us

Pendidikan

Sadar Akan Bahaya Narkoba, Polres Purwakarta Banyak Terima Undangan dari Sekolah

Published

on

Foto : Foto: Satuan Reserse Narkoba Polres Purwakarta tengah memeberikan sosialisasi bahaya narkoba kepada pelajar yang ada di Purwakarta.

PURWAKARTA,Lampusatu.com – Para orang berharap ada penyuluhan tentang bahaya penyalahgunaan obat terlarang dan narkoba oleh petugas untuk kalangan pelajar dengan harapan agar tidak masuk ke jalan yang salah.

Keinginan ini kemudian direspon Polisi Resor Purwakarta dengan menggelar sosialisasi bahaya penyalahgunaan narkoba di berbagai sekolah yang ada di Purwakarta.

“Ya betul Polres Purwakarta banyak terima undangan dari sekolah, baik itu sekolah menengah pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk memeberikan sosialisasi tentang bahaya narkoba,” kata Kapolres Purwakarta, AKBP Matrius, melalui Paur Humas Polres Purwakarta, Ipda Tini Yutini, saat ditemui di sela-sela kegiatannya, Kamis (18/7/2019).

Baca juga  Polres Purwakarta Sosialisasikan Bahaya Narkoba ke Komunitas Pecinta Alam

Dalam sehari, lanjut dia, pihaknya mengaku ada 5 sampai 6 undangan dari sekolah untuk mensosialisasikan bahaya narkoba pada pelajar.

“Tak hanya sosialisasi bahaya narkoba, kami pun merima undangan untuk sosialisasi tata tertib lalulintas,” kata Tini.

Menurutnya, masa remaja adalah masa-masa di mana mereka ingin mencari jati diri, mencoba hal-hal yang baru karena mereka mempunyai rasa keingintahuan yang tinggi, baik dalam hal positif maupun hal negatif.

Baca juga  Verifikasi Terakhir PPDB, Sebanyak 299 Kursi di SMAN Wilayah Kabupaten Purwakarta Masih Kosong ?

Oleh karena itu, tambah Tini, orangtua harus mendampingi agar anak tidak terjerumus dalam hal negatif.

Polres Purwakarta menekankan peranan keluarga khususnya orangtua sangat penting dalam mencegah penyalahgunaan terhadap narkoba

“Selain mengajarkan anak tentang efek yang disebabkan oleh narkoba, sebagai orangtua juga harus menanamkan aktivitas positif agar anak memiliki kegiatan terarah dan terstruktur sehingga dapat membantu mengisi waktu luang mereka dengan hal yang positif contohnya adalah latihan olahraga,” imbuhnya.

Baca juga  Diedukasi Wujudkan Lingkungan 'Go Green', Anak-anak TK & PAUD di Subang Belajar Menanam Pohon

Tini menambahkan, bekerja sama dengan sekolah atau universitas di mana anak-anak menuntut ilmu adalah satu cara Polres Purwakarta untuk memberikan program pencegahan, pemantauan dan penanggulangan narkoba secara spesifik dan masif.

“Dengan begitu diharapkan para siswa-siswi yang ada di Purwakarta pelajar tidak mencoba-coba menggunakan Narkoba.” pungkasnya.

 

 

Wartawan : Alif