Connect with us

Pendidikan

Sambut Era Industri 4.0, Milenial Subang Launching Aplikasi dan Produk “Panggil Guruku”

Published

on

Foto : Aplikasi dan produk panggil guruku secara resmi dilaunching  , Senin pagi (20/1/2022)  di Rangga In Hotel Subang.

SUBANG,Lampusatu.com – Menangkap peluang dalam kemajuan teknologi saat ini dan menyambut era Industri 4.0, anak-anak Milenial Subang membuat terobosan baru menjadi startup pada sektor pendidikan dengan membuat aplikasi yang dinamakan “Panggil Guruku”.

Untuk lebih dikenal oleh masyarakat secara luas, awal tahun 2020 ini aplikasi dan produk panggil guruku secara resmi dilaunching  , Senin pagi (20/1/2022)  di Rangga In Hotel Subang. Dihadiri sekaligus dibuka oleh Kadisparpora Subang Asep Setia Permana yang mewakili Wakil Bupati Subang didampingi Sekretaris Disdikbud Subang beserta para pengajar di Panggil Guruku.

Co-Founder Panggil GuruKu Aji Safaat menuturkan, Panggil Guruku merupakan startup pendidikan pertama di Subang.

Aplikasi ini didirikan 16 Agustus 2018 oleh putra putri asli Subang. Dilatar belakangi oleh misi mengabdi dan menjadi sosok produktif dalam kemajuan pendidikan. Juga sebagai bentuk peran serta masyarakat pada konsep tripusat pendidikan. Terlebih, lahirnya aplikasi ini dari suatu permasalahan khususnya di sektor pendidikan di Kabupaten Subang.

Baca juga  146 Mahasiswa Unsub di Wisuda Hari Ini

“Terhitung hingga saat ini panggil guruku sudah berjalan 1,5 Tahun memberikan pengajaran kepada 500 pelajar terutama SD dan SMP di seputar Kota Subang,”ungkap Aji.

Istimewa

Dijelaskan Aji, panggil guruku adalah layanan jasa khusus dari para ahli/pakar atau praktisi dibidangnya. Sehingga dapat memberikan layanan professional dan berkualitas sesuai dengan kebutuhan. Komposisi SDM di Panggil Guruku pun diprioritaskan putra dan putri asal Subang yang berasal dari mahasiswa dan lulusan S1, S2, S3 dari berbagai Universitas ternama baik di dalam maupun luar Kabupaten Subang.

“Panggil Guruku ini  layanan jasa kursus privat yang memadukan konsep kursus, bimbingan belajar, dan homeschooling dengan pendidikan karakter. Keunggulannya, satu guru satu murid, biaya terjangkau dari Rp.30 Ribu perkali pertemuan,hingga gratis biaya konsultasi akademik,”jelasnya.

Baca juga  SMK Angkasa 1 Kalijati Lanud Suryadarma Buka PPDB Gelombang Pertama

“Untuk memberikan kemudahan lagi kepada masyarakat, saat ini kami sedang proses bagaimana aplikasi Panggil Guruku ini dapat didownload di Playstore. Kedepannya untuk melebarkan sayap, Panggil Guruku akan membuka di berbagai Provinsi di luar Jawa Barat, yaitu diantaranya Yogyakarta dan Bandar Lampung,”timpalnya.

Ditambahkan Founder Panggil Guruku Dr. (Can) Ika Rahayu S.Pd,M.Pd), berharap kehadiran startup panggil guruku ini dapat memberikan kontribusi besar dalam memajukan dunia pendidikan di Kabupaten Subang khususnya.

Artinya kedepannya, ditekankan adanya kolaborasi dengan Pemerintah Daerah Subang dalam hal ini Disdikbud Subang.

Panggil Guruku sejauh ini berjalan 1,5 Tahun juga telah banyak berpartisipasi pada berbagai acara bertaraf nasional maupun internasional, seperti; Go Startup Indonesia, Indonesia Innovation Forum 2019, World conference on Creative Economy yang diselenggarakan oleh BEKRAF dan Asia Europe Meeting Passion-Preneurs’ Challenge di KEMENLU.

Baca juga  Yonif 312 Kala Hitam Kenalkan Alutsista ke Siswa Baru MAN 1 Subang

Kemudian memiliki beberapa artikel jurnal akademik berskala lokal, nasional maupun internasional yang terafiliasi dengan Panggil GuruKu, serta terdaftar di database BEKRAF dengan ID BISMA26968.

“Hasil observasi di lapangan, dari hanya 4 jenis layanan jasa diantaranya bahasa Sunda, sekolah dasar, hari ini kita tambahkan  launching belasan layanan jenis jasa baru salah satunya minat bakat ,”ujarnya.

Sementara itu, Sekdis Disdikbud Subang, Drs H Dedi Supriadi M.Si menyatakan,”Saya bangga kepada Putra dan Putri asli Subang yang mampu menciptakan aplikasi Panggil Guruku ini. Saya sangat mendukung untuk adanya kolaborasi, bagaimana Disdikbud mendorong para pelajar dari berbagai tingkatan untuk bisa menggunakan aplikasi Panggil Guruku ini,”pungkasnya.

Setelah launching aplikasi dan produk tersebut, acara dilanjutkan dengan talkshow yang dipandu seorang moderator Teguh Deni Aljabar.

Galih Andika