Connect with us

Pendidikan

Satres Narkoba Polres Purwakarta Sosialisasikan Bahaya Narkoba ke SMKN 1 Cibatu

Published

on

Foto : Ratusan Pelajar SMKN 1 Cibatu tengah mengikuti sosialisasi bahaya Narkoba dari Kasat Reserse Narkoba Polres Purwakarta, AKP Heri Nurcahyo

PURWAKARTA,Lampusatu.com – Bersama Pemerintah, Polres Purwakarta saat ini tengah fokus untuk melindungi para generasi milenial dari bahaya narkoba. Penyebabnya adalah para pengedar menjadikan generasi muda sebagai target pasarnya.

Perlindungan terhadap generasi  muda dilakukan di Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) Negri 1 Cibatu, Kabupaten Purwakarta.

Kepala SMKN 1 Cibatu, Dra.Meita Tjumiatini mengatakan, mengatasi penyalahgunaan narkoba di kalangan generasi muda bukan perkara gampang. Dibutuhkan kesadaran dari semua pihak untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan bebas dari pengaruh buruk penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja.

“Melalui sosialisasi ini, salah satu upaya kami dalam Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) dikalangan pelajar serta menjadikan SMKN 1 Cibatu menjadi sekolah yang bersih dari narkoba,” ungkap Meita, saat ditemui usai sosialisasi bahaya Narkoba, Jumat (14/11/2019).

Baca juga  Kakorlantas Temui Korban Luka yang Dirawat di RS MH Thamrin Purwakarta

Menurutnya, kegiatan ini adalah untuk memberikan gambaran dan pemahaman tentang bahaya narkoba bagi pelajar, yang bertujuan agar para pelajar tidak terlibat narkoba baik sebagai pengguna maupun pengedar/penyalahgunaan pengedar dan bandar narkoba sehingga memiliki daya tolak yang kuat terhadap narkoba.

“Dari hasil survey BNN, dalam dua tahun ini telah bergeser peredaran narkoba, yakni lebih mengincar generasi muda. Ini mengkhawatirkan, karena itu kami telah membuat langkah-langkah pencegahan, apalagi SMKN 1 Cibatu ini kan merupakan batas kabupaten Purwakarta dengan Subang,” jelasnya.

Baca juga  Ratusan Pelajar SMPN 3 Purwakarta Ikuti LDK dan Bela Negara

Sementara, Kapolres Purwakarta AKBP Matrius melalui Kasat Reserse Narkoba, AKP Heri Nurcahyo, mengatakan, salah satu cara untuk meredam peredaran narkoba di Purwakarta ialah melakukan pencegahan sedini mungkin. Pencegahan dilakukan pada usia muda (pelajar).

“Dengan memberikan pemahaman sedini mungkin tentang bahaya narkoba, diharapkan pelajar dapat terhindar dari bahaya narkoba,” kata Heri.

Dalam kesempatan itu, Heri menjelaskan tentang jenis-jenis narkoba dan bahaya penggunaan narkoba serta ancaman hukuman pidana bagi pengguna narkoba.

Ia menambahkan, kegiatan merupakan upaya untuk melindungi/mencegah remaja khususnya pelajar dari bahaya narkoba. Saat ini banyak modus baru penyebaran narkotika yang semakin canggih dan sulit untuk dideteksi penyebarannya. Maka perlu upaya lebih dalam menekan peredaran tersebut.

Baca juga  Buka Acara Kepramukaan, Wadanyon Armed 9 Berikan Pembekalan ke Para Pelajar MAN Purwakarta

“Agar sekolah bersinar (sekolah bersih dari narkoba) ini dapat terwujud, tidak hanya peran Polres saja, peran guru, orang tua harus aktif dalam melakukan pencegahan tentang bahaya narkoba. Bangsa yang hebat bisa dilihat dari pemuda-pemudinya. Maka sebagai generasi muda jangan gentar menghadapi narkoba. Berantas oknum-oknum yang ingin merusak bangsa kita,” jelasnya.

 

 

Alif