Connect with us

Pendidikan

Sisihkan Ribuan Peserta, Siswi SMAN 1 Purwadadi Juara Ketiga Lomba Karya Tulis Tingkat Nasional

Published

on

Foto : Penyerahan hadiah juara karya tulis diberikan langsung oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto kepada Siti Maesaroh bersama para pemenang lainnya bertempat di Gedung Sudirman Jakarta Selatan, Jumat (15/11/2019).

SUBANG,Lampusatu.com – Salah satu pelajar SMAN 1 Purwadadi atas nama Siti Maesaroh kembali mengharumkan nama  Kabupaten Subang dan Provinsi Jawa Barat, setelah menorehkan prestasi juara ketiga lomba karya tulis Nasional pelajar tingkat SMA/sederajat dalam rangka HUT TNI ke-74 Tahun 2019 yang digelar oleh Pusjianstra (Pusat Pengkajian Strategi) Mabes TNI.

Penyerahan hadiah ini diberikan langsung oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto kepada Siti Maesaroh bersama para pemenang lainnya bertempat di Gedung Sudirman Jakarta Selatan, Jumat (15/11/2019).

Prestasi yang diraih Mae sapaan akrabnya tentunya tidak didapatkan dengan cara mudah. Namun melalui  perjuangan yang cukup panjang, dari mulai proses mengikuti seleksi di wilayah Kodim 0605 Subang hingga mewakili Kodam III Siliwangi menyisihkan sebanyak 1.700 peserta lebih hingga masuk nominasi 5 besar berlomba dengan 4 peserta terbaik lainnya.

Belum lagi, Mae juga sebelumnya harus mempresentasikan hasil karya tulis ilmiahnya selama kurang lebih 15 menit ke sejumlah juri dari kalangan akademisi hingga salah seorang jendral dari Pusjianstra. Bahkan di kalimat pembuka persentasinya, tak canggung Mae pun menggunakan bahasa Inggris.

Istimewa

Komandan Kodim 0605 Subang, Letkol Arh Edi Maryono melalui Pasiters Kodim 0605 Subang Kapten Inf Suprijadi didampingi Danramil 0508 Purwadadi Kapten Inf Sukisto mengaku sangat bangga atas prestasi yang diraih putri terbaik Subang, Siti Maesaroh yang keluar sebagai juara 3 lomba karya tulis  Nasional.

Baca juga  Kondisi Sekolah di Serangpanjang Memprihatinkan, Pelajar Belajar di Lantai

“Semoga apa yang telah diraih dapat menjadi pemicu semangat untuk lebih giat lagi belajar untuk mengembangkan diri. Utamanya jadi motivasi bagi para generasi Milenial lainnya untuk meraih prestasi untuk menggapai cita-citanya,”ujar Pasiters Kodim 0605 Subang kepada Lampusatu.com, Sabtu sore (16/11/2019).

Secara terpisah, Kepala Sekolah SMAN 1 Purwadadi Zulkipli MP.d, mengaku bangga atas pencapaian anak didiknya yang telah menorehkan prestasi karya tulis di tingkat Nasional melalui karya tulis yang dibuatnya berjudul ‘Generasi Milenial tanggul tangguh membangun jiwa nasionalisme melalui gerakan pramuka’.

Baca juga  Faber-Castell Kembali Gelar Family Colouring Competitions-2

Menurutnya, Siti yang kini duduk di bangku XII MIPA 4 memang sosok anak yang ulet. Ia mau belajar dan gigih untuk mempelajari berbagai hal. Apalagi sebelumnya, memang Siti telah meraih banyak prestasi di tingkat Kabupaten melalui berbagai macam perlombaan yang berkaitan dengan literasi, baik itu pembuatan karya tulis , puisi, dan lainnnya.

“Intinya anak itu ulet, dia mau belajar. Selama mengikuti lomba karya tulis pun banyak hal yang dipelajari untuk menghasilkan karya tulis yang baik dalam perlombaan tersebut,”ungkapnya.

Hal senada diungkapkan, guru pembimbing Mae, Maria Silvia Rahman, S.Pd bahwa keberhasilan anak didiknya, Siti Maesaroh merupan murni kerja kerasnya dan keuletannya. Karena, pihak sekolah dalam hal ini hanya memotivasi , membimbing, dan memfasilitasinya.

“Saya sebagai gurunya mengaku sangat bangga atas pencapaian Siti di lomba karya tulis tingkat nasional ini. Bukan hal yang mudah untuk pencapaian dan kesempatan yang luar biasa ini.Kegigihan dan tekad Siti lah yang membawanya sampai pada titik ini. Barokalloh semoga bisa menjadi bekal buat masa depannya yang Insyaallah lebih cemerlang,”ujarnya.

Baca juga  KLS- Purbasari Gelar Pelatihan Jurnalistik kepada Guru SD dan SMP se- Kabupaten Purwakarta

Sementara itu Siti Maesaroh  mengungkapkan motivasinya dalam mengikuti lomba karya tulis tersebut.

“Ikut lomba itu dipilih sama guru artinya mereka sudah percaya dan mengakui kalau Siti bisa, makanya berusaha untuk tidak mengecewakan mereka. Dan tentunya ingin bisa melihat orang tua bahagia atas pencapaian Siti,”ujar Mae yang merupakan Warga Dusun Neglasari, RT 31/RW 08, Desa Purwadadi Barat, Kecamatan Purwadadi, Subang.

“Pesan saya buat teman-teman, nggak ada yang nggak mungkin selama kita mau berusaha dan berdoa. Kita harus punya sebuah mimpi besar, agar usahanya pun ikut maksimal berani mencoba, dan nikmati prosesnya,”pungkasnya.

Galih Andika