Connect with us

Pendidikan

SMKN 1 Cipeundeuy Fokus Kembangkan Bidang Peternakan

Published

on

Foto : SMKN 1 Cipeundeuy berkomitmen mengembangkan bidang peternakan dengan cara menerapkan kandang ayam modern dengan menggunakan sistem blower (close house).

SUBANG,Lampusatu.com –  SMKN 1 Cipeundeuy berkomitmen mengembangkan bidang peternakan dengan cara menerapkan kandang ayam modern dengan menggunakan sistem blower (close house).

Irfan Syuhada S.P.t, selaku guru produktif peternakan SMKN 1 Cipeundeuy, menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan sistem blower adalah dengan cara mulai dari DOC sampai DO (penjualan) tidak membuka tirai kandang, sehingga bau dan suhu ruangan kandang bisa dikontrol secara otomatis oleh mesin blower. Disekolah ini, siswa dan siswinya dapat belajar bagaimana mengembangkan usaha peternakan ayam  dengan sistem blower. Sehingga, ketika mereka keluar dari sekolah, bilamana ingin fokus bisnis dibidang peternakan sudah memiliki ilmunya yang cukup.

Baca juga  Wabup Agus Masykur Resmikan Revitalisasi Gedung SMPN 4 Subang

“Ini adalah satu-satunya kandang modern yang dimiliki oleh sekolah di Kabupaten Subang, kami memang berupaya untuk mewujudkan kembali peternakan yang sehat, produktif. Terlebih, adanya program ini menjadi salah satu program unggulan SMKN Cipeundeuy yang digemari siswa dan siswi. Karena dalam pelajaran ini, ditekankan lebih besar pada praktek bukan teori,,”ucap Irfan kepada Lampusatu.com, Kamis sore (14/3/2019)

Tidak hanya kandang modern, ia juga mengungkapkan para siswa juga sedang berupaya untuk meracik pakan sendiri yang terdiri dari tepung ganggang, serbuk tulang, serta jagung.

Baca juga  Polisi Sosialisasikan Dikmas Lantas ke Para Pelajar SMKN 1 Cipeundeuy

Menurutnya jika saat ini masih membangun kemitraan dengan salah satu perusahaan pakan maka kedepan peternakannya bisa membuat pakan sendiri.

“Dengan menjadi mandiri dalam artian mempunyai produksi pakan, vaksin, hingga bibit maka itu akan meminimalisir biaya produksi dan memaksimalkan keuntungan, karena biaya tertinggi pada peternakan khususnya ayam selain pembuatan kandang, pakan sehari-hari itu juga termasuk tertinggi biayanya, jadi harapannya kedepan bisa mandiri, seutuhnya benar-benar sendiri. Sementara sekarang kan masih menjalin kemitraan,”terangnya.

Menurutnya juga dunia peternakan sebenarnya merupakan industri yang sangat dekat dengan penerapan teknologi. Di negara-negara maju telah kita ketahui bersama bahwa teknologi peternakannya sangat maju, bahkan hampir semua kegiatan yang dilakukan serba otomatis dan efisien. Sayangnya hal tersebut menurut Irfan belum banyak terjadi di Indonesia.

Baca juga  Milangkala ke-5, SMKN 1 Dawuan Borong Berbagai Prestasi

“Sebagian besar peternak di Indonesia masih melakukan peternakan dengan skala yang kecil dan tradisional. Hal ini sungguh memprihatinkan. Mengingat industri peternakan adalah salah satu industri utama yang menjadi pondasi dari ketahanan pangan dari suatu bangsa.”pungkasnya.

 

Wartawan : Iwan Sukmawan

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *