Connect with us

Pendidikan

Wujudkan Sekolah Bersinar, Polres Purwakarta Sosialisasikan Bahaya Narkoba ke SMK Teksas

Published

on

Foto : Istimewa

PURWAKARTA,Lampusatu.com – Demi Mewujudkan sekolah Bersinar (Bersih dari Narkoba) Polres Purwakarta terus lakukan Sosialisasi jemput bola secara door to door  Polres Purwakarta ke berbagai sekolah-sekolah yang ada di Purwakarta.

Hal tersebut semakin menunjukkan tren positif yang dibuktikan dengan semakin banyaknya pelajar melek tentang bahaya narkoba

Seperti penyuluhan tentang pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan, dan peredaran gelap narkoba diberikan kepada siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Teknologi Sains dan Agrobisnis atau yang juga dikenal dengan SMK Teksas.

Uniknya, penyuluhan tersebut dilakukan bengkel tempat siswa SMK Teksas melakukan praktek. Meski begitu, tak mengurangi tingginya animo para siswa mendengarkan berbagai materi tentang narkoba yang disampaikan langsung Kepala Satuan Reserse Narkoba Polres Purwakarta, AKP Heri Nurcahyo, pada Selasa (13/11/2019).

Baca juga  KKN di Kalijati, Mahasiswa STKIP Gelar Lokakarya dengan Perangkat Desa

Menurut Kapolres Purwakarta, AKBP Matrius melalui Kasat reserse narkoba, AKP Heri Nurcahyo, sosialisasi penyalahgunaan narkoba kepada para pelajar sebagai bagian dari komitmen Polres Purwakarta memutus mata rantai peredaran narkoba di kalangan remaja.

“Dengan memberikan informasi dan wawasan tentang bahaya narkoba, menjadi modal berharga bagi siswa untuk terhindar dari narkoba,” kata Heri

Dijelaskannya, sosialisasi tersebut juga menjadi ikhtiar Sat Res Narkoba Polres Purwakarta kapan pun di mana pun.

Selain menyampaikan materi secara verbal, para siswa juga diajak mengenal jenis-jenis narkoba secara visual dengan menunjukkan beberapa alat peraga yang memuat berbagai jenis narkoba yang biasa beredar di kalangan remaja.

Baca juga  Puluhan Pelajar TK Yos Sudarso Purwakarta Berkunjung ke Lanud Suryadarma

“Kami juga mengajak para siswa menempelkan stiker bertuliskan pesan-pesan antinarkoba. Di mana, ini juga sebagai bentuk dukungan para siswa kepada Polres Purwakarta untuk memerangi penyalahgunaan narkoba,” Kata Heri.

Sementara kepala SMK Teksas, Hj. Siti Julaeha mengatakan, penyuluhan tentang bahaya narkoba dan obat terlarang ini dimaksudkan untuk memperluas informasi kepada siswa-siswi SMK Teksas akan bahaya barang haram tersebut.

“Karena jika pelajar sudah konsumsi narkoba maka akan mengakibatkan hancurnya masa depan generasi muda penerus perjuangan bangsa,” kata Hj. Siti.

Dari kegiatan ini, tamabah dia, diharapkan agar para siswa tidak mudah terpengaruh oleh era globalisasi dan lingkungan yang membawa dampak negative. Karena itu, remaja harus pandai-pandai memilih teman. Sehingga dapat menyaring budaya asing yang masuk. Jangan sampai mencontoh budaya yang dapat melanggar norma dalam bermasyarakat di Indonesia.

Baca juga  Sebanyak 68 Personel Polres Purwakarta Resmi Naik Pangkat

“Ini upaya kami menyelamatkan generasi bangsa, karena masa depan bangsa dan negara ini di pundak para pelajar ini. Jadilah pelajar yang berprestasi dan berkualitas demi kemajuan bangsa,” harapnya.

Diketahui, usai diberikan pemahaman tentang bahaya narkoba, para Pelajar SMK Teksas dilakukan tes urine untuk memastikan bebas dari narkoba.

 

 

Alif