Connect with us

Politik

drg. Putih Sari Ajak Generasi Muda Filter Informasi Dengan Pancasila

Published

on

Foto : Anggota MPR RI drg. Putih Sari saat Sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan MPR RI di Aula Desa Simpang, kecamatan Wanayasa, Purwakarta, Jawa Barat, Jumat kemarin (6/12/2019).

PURWAKARTA,Lampusatu.com –Anggota MPR RI drg. Putih Sari mengajak generasi muda agar kembali memahami dengan baik tentang Empat Pilar Kebangsaan. Empat pilar tersebut adalah Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika.

Hal itu penting bagi mereka untuk membentengi diri dari pengaruh negatif dari luar yang dapat merusak nilai-nilai kebangsaan kita.

“Dengan perkembangan tehnologi sekarang ini, generasi muda kita bisa mendapatkan begitu mudah akses informasi lewat internet di handphonenya, menerima informasi begitu saja dari luar tanpa kemampuan memfilternya dengan baik. Padahal banyak informasi hoax dan sengaja memancing konflik antar umat beragama yang beredar di dunia maya. Karena itu, generasi milenial ini mesti mulai memahami nilai-nilai ideologi Pancasila sebagai filter atas informasi yang mereka dapatkan dari luar,” ajak Putih Sari dalam acara Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan MPR RI di Aula Desa Simpang, kecamatan Wanayasa, Purwakarta, Jawa Barat, Jumat kemarin (6/12/2019).

Istimewa

Putih Sari tidak ingin cita-cita para pendiri bangsa kita tidak dilanjutkan oleh generasi muda Indonesia. Dengan tidak memahami dengan baik Pancasila dan tiga pilar lainnya, Putih Sari kuatir mereka akan terpapar nilai-nilai termasuk ideologi dari luar yang tidak sesuai dan bertentangsn dengan ideologi Pancasila. “Para founding father kita sudah berjuang mati-matian mempertahankan NKRI dengan ideologi Pancasila, jangan sampe generasi muda kita melupakan, mengabaikan dan mrncampakannya begitu saja,” imbuh Putih Sari dihadapan sekitar 150 warga Wanayasa.

Baca juga  KPU Kabupaten Purwakarta Gelar Deklarasi Kampanye Damai

Menurut Putih Sari, sejak era reformasi 1998 nilai-nilai ideologi Pancasila termasuk.UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika mulai luntur karena sudah tidak diajarkan secara wajib di bangku sekolah dan kuliah sehingga generasi muda kita kurang memaahaminya dengan baik. Sementara itu perkembangan tehnologi informasi memungkinkan mereka mendapatkan akses nilai-nilai global tanpa batas dan mungkin tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan budaya bangsa Indonesia. “Karena itu, generasi muda sekarang mesti mendapat prioritas untuk memahami ideologi negara, bentuknya bisa macam-macam seperti sosialisasi, hiburan, kesenian dan lain-lain,” ujar anggota Fraksi Gerindra DPR/MPR RI dari Dapil Jabar VII ini.

Baca juga  Diusung PKB, Iman Mulyana Mantap Nyaleg di Dapil 7

Untuk itu melalui kegiatan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan ini, Putih Sari mengajak orang tua memgingatkan anak-anaknya agar membiasakan diri dalam mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan keluarga maupun masyarakat. Misalkan mengajarkan hidup saling hormat menghormati kepada orang tua dan tetangga, bertolerandi terhadap prmrluk agama lain, dan bermufakat untuk menyelesaikan perbedaan pendapat. (Adv).

Baca juga  Modal Pas-pasan, Penjual Bakso Keliling Pede Nyaleg DPRD Subang

 

 

Alif