Connect with us

Politik

Hasil Rapat Pleno, KPU Sampaikan Tiga Paslon Lulus Kesehatan

Published

on

Saat penyerahan hasil tes kesehatan paslon dari Komisioner KPU Divisi SDM Ahmad Koncara kepada LO dari perwakilan paslon usai rapat pleno bersama Tim Pemeriksa Kesehatan di Kantor KPU Subang, Rabu (17/1/2018).

SUBANG, Lampusatu.com,- Setelah melalui proses pemeriksaan kesehatan di RSHS Bandung pada 11 Januari 2018 lalu,  tiga pasangan balon (Paslon) Bupati dan Wakil bupati Subang untuk Pilkada 2018, dinyatakan memenuhi​ syarat dan lulus tes kesehatan.

Hal tersebut terungkap berdasarkan kesimpulan penilaian atas hasil pemeriksaan kesehatan tiga paslon tersebut, diputuskan KPU Subang dalam rapat pleno bersama Tim Pemeriksa Kesehatan di Kantor KPU Subang, Rabu (17/1/2018).

Ketiga paslon tersebut, yakni, Dedi J-Budi Setiadi yang diusung partai PDIP, Imas Aryumningsih-Sutarno yang diusung koalisi Golkar-PKB, dan Ruhimat-Agus Masykur Rosadi yang diusung koalisi enam partai politik yakni partai Nasdem, PKS, PAN, PPP,  Demokrat,  dan Gerindra.

Menurut Ketua KPU Subang, Maman Suparman, dalam proses pemeriksaan dan penilaian kesehatan itu, tim Pemeriksa Kesehatan telah melaksanakan kegiatan sebagai berikut, yakni, memeriksa/menilai kemampuan jasmani dan rohani para bakal calon dan melakukan pemeriksaan/penilaian bebas penyalahgunaan narkotika dan psikotropika terhadap para bakal calon.

Hasil pemeriksaan kesehatan para bakal calon tersebut menyatakan bahwa status ketiga paslon itu memenuhi syarat kesehatan.

“Dengan demikian, para bakal calon dinyatakan mampu secara jasmani dan rohani serta bebas dari penyalahgunaan narkotika dan psikotropika serta memenuhi syarat dalam pencalonan pada pilkada,” ungkap Maman didampingi para komisionernya.

Maman menegaskan, berdasarkan PKPU nomor 15 tahun 2017, keputusan ini bersifat final.

“Artinya tidak dapat dilakukan pemeriksaan pembanding,”tegasnya.

Kemudian, berkas hasil pemeriksaan kesehatan itu, diserahkan kepada masing-masing perwakilan paslon.

Pada kesempatan itu juga Maman menyampaikan perihal berkas peryaratan masing-masing paslon yang belum lengkap. Dan diminta segera melengkapi sampai batas waktu yang telah ditentukan.