Connect with us

Politik

KPU Purwakarta Sosialisasikan Pemilu 2019 Bertajuk ‘KPU Goes To Community’

Published

on

Foto : Komisioner KPU Kabupaten Purwakarta Divisi Teknik Penyelenggaraan Dian Hadiana saat menggelar sosialisasi Pemilu 2019 dalam acara "KPU Goes To Community" di Sekretariat Fokus JP Gg. Dahlia 2 Kelurahan Nagri Tengah, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Senin (18/3/2019).

PURWAKARTA,Lampusatu.com – Simulasi pencoblosan Pemilu 2019, bakal digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purwakarta, dalam waktu dekat.

Hal tersebut diungkapkan Komisioner KPU Kabupaten Purwakarta Divisi Teknik Penyelenggaraan Dian Hadiana kepada awak media usai menggelar sosialisasi Pemilu 2019 dalam acara “KPU Goes To Community” di Sekretariat Fokus JP Gg. Dahlia 2 Kelurahan Nagri Tengah, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Senin (18/3/2019).

“Kita sudah jadwalkan (simulasi pencoblosan, Red) pada 23 Maret 2019 bertempat di Desa Tanjung Sari, Kecamatan Pondok Salam, Kabupaten Purwakarta,” kata Dian.

Meski sifatnya simulasi, lanjut dia, namun proses pemungutan hingga perhitungan surat suara dilakukan secara riil.

Baca juga  Pemasangan Billboard Pasangan Capres & Cawapres Dinilai Bermasalah, Ini Tanggapan Ketua Bawaslu Lebak

“Simulasi ini selain untuk sosialisasi juga untuk menguji kesiapan KPU,” kata Dian.

Diungkapkannya, persiapan KPU hingga saat ini sudah mencapai 60-65 persen.

“Persentase tersebut mengacu pada tuntasnya sosialisasi dan kesiapan logistik yang nyaris selesai. Adapun sisanya, 35-40 persen, ada di kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM)-nya,” imbuhnya.

Ditemui di lokasi yang sama, Koordinator Fokus JP Wahyudin mengapresiasi KPU yang memenuhi jadwal sosialisasi tepat waktu.

“Sosialisasi KPU Goes To Community dihadiri sedikitnya 45 peserta. Semoga dapat diambil manfaatnya,” kata pria yang akrab disapa Awenk ini.

Dihubungi terpisah, Komisioner KPU Kabupaten Purwakarta Divisi Perencanaan, Keuangan, dan Rumah Tangga Ramlan Maulana menyebutkan KPU Purwakarta sudah melaksanakan sosialisasi dalam beberapa strategi.

Baca juga  Pileg 2019 Diserbu Selebritis, Kang Dedi Tak Khawatir

“Pertama dengan tatap muka yang sudah dilaksanakan hampir lebih dari 50 kali di berbagai basis dan kelompok pemilih strategis. Seperti pemilih pemula, muda, disabilitas, kelompok perempuan, dan komunitas komunitas lainnya,” kata Ramlan.

Kemudian, sambungnya, talk show di radio dan acara acara kampus, serta organisasi.

“Kami juga melakukan sosialisasi melalui penyebaran bahan dan alat peraga sosialisasi yang dipasang dan disebar di lembaga,  kelompok, dan tempat-tempat strategis lainnya,” ujarnya.

Lebih lanjut Ramlan mengatakan, sosialisasi juga akan dilakukan melalui kreasi seni dan festival kebudayaan, serta olahraga yang pelaksanaannya sekitar awal April.

Baca juga  Ketum Kornas Reliji, Bursah Zarnubi : Kampanyekan Door To Door Keberhasilan Jokowi Pimpin Indonesia

“Kami juga memaksimalkan peran Relawan Demokrasi serta melalui pelibatan media di berbagai tahapan, termasuk sosialisasi melalui media sosial dan media online lainnya,” ucapnya.

Kemudian, lanjut Ramlan, sosialisasi juga memanfaatkan Fasilitasi Audiensi Rumah Pintar Pemilu, juga melalui kegiatan-kegiatan lainnya yang formal mau pun nonformal.

“Ragam bentuk kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan dalam rangka menggenjot partisipasi pemilih di Purwakarta yang ditargetkan 80 persen pada pemilu 2019 ini,” pungkasnya.

 

 

Red : Alif

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *