Connect with us

Politik

Modal Pas-pasan, Penjual Bakso Keliling Pede Nyaleg DPRD Subang

Published

on

Foto : Penjual bakso kelilling asal Purwadadi Ukim (37) mantap sebagai calon legislatif (Caleg) Anggota DPRD Subang dari partai PAN.

SUBANG, Lampusatu.com – Niatan Ukim (37) maju sebagai calon legislatif (Caleg) Anggota DPRD Subang dari partai PAN tampaknya bukan hanya isapan jempol belaka.

Warga Dusun Neglasari, Desa Purwadadi Barat, Kecamatan Purwadadi, Subang, terdaftar menjadi Caleg di dapil 7 (Kec. Purwadadi, Cikaum, Binong & Tambakdahan) dengan nomor urut 6.

Ukim mengaku pede alias percaya diri dapat mendulang suara pada pemilu yang akan berlangsung pada tanggal 17 April 2019 mendatang. Meskipun aktivitas sehari –harinya ia hanya berprofesi sebagai penjual bakso keliling menggunakan sepeda motor ke kampung – kampung di wilayah Purwadadi. Dan usaha ini sudah dilakoninya lebih dari satu tahun lalu.

Ukim pun tampak tampil sederhana apa adanya, saat ditemui Lampusatu.com, di salah satu kampung saat menjajakan basonya, Sabtu (16/3/2019) siang. Semenjak jadi caleg kini masyarakat dan para pelanggannya pun menjulukinya ‘bakso caleg’.

Istimewa

“Saya maju menjadi caleg ingin membuktikan kepada rakyat, seorang tukang bakso juga bisa menjadi wakil rakyat dan tidak harus mengeluarkan biaya yang besar dalam bertarung di pemilihan legislatif ini. Bahkan saya yakin, semua warga bisa saja menjadi anggota DPRD asalkan mempunyai niatan yang iklas dan tujuan ingin merubah nasib bangsa ini khususnya warga Subang,” ungkap Ukim.

Baca juga  Aksi Wartawan Subang Saat Wawancarai Maman Yudia

Meski dengan modal pas-pasan, tidak menjadikan Ukim patah semangat dalam merebut simpati masyarakat. Justru dia semakin semangat untuk menemui masyarakat dengan cara door to door, sambil berjualan baso dan sedikitnya sambil bersosialisasi kepada para pembeli.

Ukim juga selalu membagikan APK nya sendiri pada masyarakat dan pelanggan, tak heran kini ia malah menjadi buah bibir sebagai Caleg yang getol bersosialisasi.

Baca juga  Kerja Nyata, Dede Warman Mantap Maju Nyaleg Lagi Anggota DPRD Subang

“Walaupun resikonya kadang saat berjualan setelah jadi caleg ada yang pengen gratis menikmati baksonya,”tawanya.

Setiap hari lanjut Ukim, sehabis berjualan, ia pun harus menemui kerabat, tetangga, keluarga, dan simpatisannya. Agar pada hari pemilihan nanti bisa memberikan suaranya kepada dirinya.

“Awalnya saya tidak yakin, namun sebagian masyarakat, rekan-rekan khususnya Pak Asep Rochman Dimyati (ARD) yang mendorong saya untuk jadi Caleg,”tambah Ukim.

Baca juga  KPU Tegaskan Sanksi Pidana bagi Perusahaan Tak Liburkan Karyawan di Hari Pemilu

Dikatakannya, pengalamannya sebagai pedagang bakso keliling mendorongnya untuk maju sebagai wakil rakyat. Termotivasi karena ia menilai masih banyak warga, khususnya pedagang dan masyarakat kecil yang belum bisa menikmati hak haknya secara utuh, meski sebagian besar masyarakat kecil sudah mendapat jaminan kesehatan, namun kenyataannya pelayanannya masih ribet cenderung di anak tirikan.

“Dan dari rumah sakit terkesan setengah hati melayani. Begitu juga para pedagang kecil seperti saya ini masih kurang diperhatikan. Nah, jika saya terpilih nanti sebagai anggota DPRD Subang saya akan memperjuangkannya agar kehidupan masyarakat Subang bisa lebih baik lagi dari berbagai sektor kehidupan,”pungkasnya.

 

 

Wartawan : Iwan Sukmawan