Muhammadiyah: Sebaiknya Pilkada 2020 Ditunda Sampai Situasi Aman

4

JAKARTA,Lampusatu.com – Pimpinan Pusat Muhammadiyah menghimbau Komisi Pemilihan Umum (KPU) meninjau kembali pelaksanaan Pilkada 2020. Selain itu, aturan kampanye yang melibatkan kerumunan massa perlu dibahas secara khusus bersama instansi terkait.

“KPU segera membahas secara khusus dengan kementerian dalam negeri, DPR, dan instansi terkait agar pelaksanaan Pemilukada 2020 dapat ditinjau kembali jadwal pelaksanaannya maupun aturan kampanye,” kata Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu’ti, Senin (21/9/2020).

Baca juga  Dukungan Datang dari Berbagai Elemen Masyarakat untuk Dedi J - Budi Setiadi

Bahkan, Mu’ti menilai sebaiknya Pilkada 2020 ditunda mengingat situasi pandemi Covid-19 yang cukup mengkhawatirkan. Sebab menurutnya keselamatan masyarakat jauh lebih penting ketimbang pelaksanaan Pilkada.

“Di tengah pandemi Covid-19 dan demi keselamatan bangsa serta menjamin pelaksanaan yang berkualitas, KPU hendaknya mempertimbangkan dengan seksama agar Pemilukada 2020 ditunda pelaksanaannya sampai keadaan memungkinkan,” ungkapnya.

Baca juga  Menjelang Pemilu 2019, Panwascam Purwadadi Gelar Bimtek Bagi Saksi Parpol

Kemudian, Mu’ti juga mengingatkan kepada elit politik tidak memanfaatkan situasi pandemi Covid-19 untuk kepentingan pribadi maupun partainya. Menurut Mu’ti, di masa sulit ini seharusnya para elit menunjukan sikap kenegarawanan.

“Dalam situasi pandemi Covid-19 yang semakin memprihatinkan seyogyanya para elit menunjukkan sikap kenegarawanan dengan kearifan menahan diri dari polemik politik yang tidak substantif,” ujarnya.

Baca juga  Pilkada Karawang Makin Panas, Koalisi Poros Juang Karawang Deklarasi Pasangan Yesi-Adly Fairuz

Sumber : ayobandung.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini