Connect with us

Politik

Sengketa Pilkada Selesai, Kuasa Hukum Jimat-Akur Desak KPU Tetapkan Pemenang Pilkada

Published

on

Foto : Istimewa

SUBANG,Lampusatu.com,- Kuasa Hukum Paslon Ruhimat-Agus Masykur (Jimat-Akur) yang dipimpin Dede Sunarya mendesak KPUD segera menetapkan pemenang Pilkada Subang. Hal tersebut dilakukan karena sengketa Pilkada yang diminta  Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Dedi Junaedi-Budi Setiadi di Mahkamah Konstitusi (MK) sudah selesai.

Menurutnya, usulan pemohon dinilai tidak memiliki legal standing atau kedudukan hukum.

Baca juga  Bawaslu Jabar Hadiri Raker Evaluasi Pengawasan Pilkada tahun 2018

“Jadi kami mendesak KPU Subang segera tetapkan pemenang Pilkada 2018,”kata Dede Sunarya kepada awak media dalam konperensi persnya.

Ia juga mengapreisasi masyarakat yang melakukan mekanisme hukum, begitu juga terhadap MK yang sudah memutuskan. Keputusan ini sudah final dan sifatnya mengikat.

“Semua pihak harus menghormati keputusan ini, agar tahapan selanjutnya yang tertunda bisa kembali dilanjutkan. Dan tidak ada alasan lagi bagi KPU untuk menetapkan pemenang pilkada Subang 2018 ,” jelas Dede.

Baca juga  KPPS Desa Tangulun Timur Terima 5246 Surat Suara Pilbup Subang

Seperti diketahui, KPUD Subang sudah melakukan rekapitulasi suara pada awal Juli lalu. Hasilnya Paslon Ruhimat-Agus Masykur memperoleh 310.361 suara, Imas Aryumning-Sutarno: 232.273 suara, dan Dedi Juanedi-Budi Setiadi: 235.911 suara. Dari sekitar 1.1 juta yang terdafatar sebagai pemilih, hanya 825,076 warga yang menunaikan hak pilihnya.

Dari jumlah tersebut, ada sebanyak 46.531 suara dinyatakan tidak sah, dan 778.545 suara dinyatakan sah.

Baca juga  KPU Subang : Peranan Media Sangat Vital Sukseskan Pemilu 2019

 

Red : Galih Andika