Inovasi Produksi Bahan Peledak di Lokasi Pertambangan, DAHANA Punya MMT

11

SUBANG,Lampusatu.com – Pada banyak kasus, mobilisasi bahan peledak dari satu tempat ke tempat lain telah memakan banyak biaya. Apalagi jika site project berada di daerah yang memiliki akses sulit, seperti melewati sungai dan bebatuan di pedalaman.

Untuk mengatasi hal-hal tersebut, PT DAHANA (Persero) menyediakan inovasi untuk memproduksi bahan peledak di lokasi pertambangan berupa On Site Plant (OSP) dan Mobile Manufacturing Truck (MMT).

Menurut Direktur Teknologi & Pengembangan PT DAHANA (Persero) Suhendra Yusuf RPN, Mobile Manufacturing Truck (MMT) merupakan suatu karya pembaruan dari DAHANA untuk memudahkan konsumen dalam proses peledakan, baik untuk pertambangan umum maupun kuari.

Baca juga  Di Penghujung Akhir Tahun 2018, Pertamina EP Sabet Empat PROPER Emas

“Truk ini telah berhasil meminimalisir biaya distribusi dan meningkatkan produktivitas pada site project yang dimiliki oleh konsumen,” ungkap Suhendra di Kampus Dahana (24/11).

Truk ini juga dikenal sebagai fasilitas pencampuran bahan peledak secara mobile pada lokasi peledakan, dengan kemampuan mengangkut dan mencampurkan bahan-bahan mentah yang diperlukan mentah hingga menjadi produk bahan peledak yang dapat langsung dimasukkan ke dalam lubang-lubang tembak. diantara bahan peledak yang dapat diproduksi oleh MMT antara lain yaitu Bulk Explosives, Dabex, Danfo, hingga Dawagel.

Dalam sejarahnya, keberhasilan MMT pada proyek Karimun, membuat Pusat Bahan Berenergi Tinggi (EMC) DAHANA mengembangkan kemampuannya untuk menyediakan riset dan rekayasa unit manufaktur secara mobile untuk konsumen yang memiliki kapasitas dua hingga 20 ton. Dalam risetnya, DAHANA juga menjalani serangkaian ujicoba agar MMT dapat dioperasikan dalam berbagai kondisi iklim dan medan yang dihadapi di lapangan.

Baca juga  Sambut Pelabuhan Patimban, PT Suryacipta Swadaya Bakal Buat Kawasan Industri di Atas Lahan 2.000 Hektar

Secara teknis, sistem kendali loading turut diadopsikan ke dalam MMT untuk meningkatkan efektivitas operasi MMT. Beberapa jenis dan merek truk seperti SCANIA dan VOLVO 4×4 atau 6×6 yang disediakan berdasarkan pesanan konsumen. Hingga saat ini EMC DAHANA telah memproduksi 34 unit MMT yang tersebar di seluruh site project DAHANA.

“Sebelum digunakan di lapangan, DAHANA juga menyediakan pelatihan bagi konsumen untuk mengenal berbagai jenis peralatan yang tersedia di dalam MMT, cara mengoperasikan, hingga ke perawatan MMT agar selalu optimal ketika digunakan oleh konsumen,” terang Suhendra RPN.

Baca juga  Ridwan Kamil: Pelabuhan Patimban Buka 4,3 Juta Lapangan Kerja

Keberadaan MMT dan berbagai jenis inovasi bahan peledak DAHANA, telah membawa perusahaan pelat merah yang bergerak di industri bahan berenergi tinggi itu menjadi kiblat bahan peledak di tanah air.

Hingga saat ini, DAHANA masih terus melakukan berbagai inovasi, baik pada produk maupun pelayanan, sehingga produk DAHANA kian dipercaya oleh konsumen di tanah air dan mancanegara. (Adv).

 

Ovan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini