Libur Panjang, Hari Ini Ruas Tol Cipali KM 122 Sudah Bisa Dilalui Semua Jenis Kendaraan

70

SUBANG,Lampusatu.com – ASTRA Tol Cipali memastikan ruas tol KM 122 arah Jakarta yang sebelumnya mengalami longsor saat ini sudah selesai diperbaiki dan mulai hari ini Jum’at, 2 April 2021, pasca salat jumatan bisa mulai dilalui oleh semua jenis kendaraan.

“Besok (Jum’at, 2 April 2021) setelah salat Jumat, jalur KM 122 kita buka. Jadi kita berharap arus balik dari Jawa sudah bisa mempergunakan jalan ini dalam kondisi aman,” ujar Presiden Direktur ASTRA Infra Tol Cipali, Firdaus Azis, kepada wartawan saat meninjau lokasi pekerjaan perbaikan ruas KM 122 Tol Cipali, Kamis (1/4/2021).

Dia menjelaskan, meski masih ada beberapa pekerjaan lainnya, dia menegaskan malam ini bisa diselesaikan.

“Sehingga besok lebih aman untuk dilalui kendaraan,” ucapnya.

Sementara itu menurut
CEO Toll Road Bisnis Grup ASTRA Infra, Kris Ade Sudiyono, mengatakan, percepatan perbaikan ruas Tol Cipali KM 122 yang sebelumnya longsor, merupakan bagian dari upaya pihaknya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat pengguna tol. Mengingat akhir pekan ini merupakan momen libur panjang.

Baca juga  Utang Indonesia Capai Rp4.779 Triliun, Ini Kata Kemenkeu

Dia pun menegaskan, besok setelah salat Jumat, ruas tol KM 122 akan secara resmi kembali dibuka dan dioperasikan bagi masyarakat agar arus transportasi semakin lancar.

“Percepatan perbaikan ini bagian dari pemenuhan ekspektasi masyarakat. Seperti diketahui, akhir pekan ini adalah libur panjang, pasti ada pergerakan masyarakat dari arah timur maupun nanti kembali ke arah barat,”ujarnya.

” Harapan kita dengan selesainya penanganan longsor KM 122, akan dibuka traffic-nya besok setelah salat Jumat. Ini diharapkan bisa memperlancar pergerakan arus transportasi yg melewati ruas cipali. Bagi kita semakin cepat melayani masyarakat adalah tujuan kita untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,”harapnya.

Dia menegaskan, semua jenis kendaraan bisa kembali melalui ruas jalur KM 122 dengan aman dan nyaman.

“Kalau kondisi ini dengan pengaturan dari pihak kepolisian sudah bisa dilalui oleh seluruh jenis kendaraan. Jadi masyarakat yang datang dari timur ke arah barat dipersilakan sudah bisa menggunakan jalur ini,” jelasnya .

Baca juga  Tahun Ini Pasar Ampera Cikaum Segera Direvitalisasi

Selanjutnya, sambung Kris Ade, memang masih ada beberapa sisa pekerjaan lainnya, namun tidak akan mengganggu beroperasinya jalur tol KM 122.

“Tahapan berikutnya setelah main road (jalur utama tol) ini selesai dan bisa dilalui kendaraan, masih ada pekerjaan pekerjaan minor yg harus kita selesaikan diantaranya memperbaiki aliran air yang kita mitigasi supaya lancar, itu ada disisi luar jalan tol. Perbaikan saluran air ini merupakan bagian dari kita untuk menciptakan infrastruktur yang betul-betul berkelanjutan, yang sustainable, jadi bukan cuma karena ada kejadian baru kita perbaiki, tapi kita ingin kondisi jalan ini baik untuk selamanya,” tegas Kris Ade.

Sementara itu, Kabid Operasi dan Pemeliharaan Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Ranto P, mengapresiasi kinerja percepatan perbaikan ruas KM 122 oleh manajemen ASTRA Tol Cipali yang semula ditargetkan tuntas pada 8 April 2021 namun ternyata lebih cepat dari target.

“Kalau dari sisi timer, waktu, ini targetnya 8 April 2021 selesai, tapi kita bersyukur temen-temen bisa mempercepat pekerjaannya khususnya main road. Meskipun masih ada beberapa pekerjaan yg harus dituntaskan, tapi secara dilapangan itu tidak mengganggu lalu lintas kendaraan, sehingga kita sepakat besok Jumat akan kembali kita buka dan diharapkan pekerjaan-pekerjaan lainnya tuntas malam ini agar besok jalur ini kian nyaman digunakan masyarakat,” imbuh Ranto.

Baca juga  Aksi Co-Warteg, DAHANA Bagikan Puluhan Nasi Kotak ke Tukang Becak Hingga Petugas Kebersihan

Turut hadir dalam peninjauan lokasi KM 122 tersebut, CEO Toll Road Bisnis Grup ASTRA Infra, Kris Ade Sudiyono; Kabid Operasi dan Pemeliharaan Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Ranto P; perwakilan Jasa Marga, Dikyasa Polres Subang, serta pihak terkait lainnya.

Sebelumnya diberitakan, kondisi curah hujan yang tinggi dan terus menerus yang terjadi di wilayah Jawa Barat khususnya di ruas Tol Cipali mengakibatkan ruas KM 122+400 arah Jakarta mengalami ambles, longsor, pada Selasa, 9 Februari 2021 lalu, sehingga pihak pengelola tol langsung melakukan pekerjaan perbaikan. Kondisi jalan amblas tersebut menyebabkan jalan tidak dapat dilalui oleh kendaraan.

 

Galih Andika

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini