Wujudkan Ketahanan Pangan, PT Pertamina EP Subang Field Inisiasi Program Demplot Akuaponik

21

SUBANG,Lampusatu.com – Upaya mencegah dan menanggulangi pandemi Covid-19 sebagaimana yang dianjurkan pemerintah tentu memerlukan upaya dari seluruh pihak, tak terkecuali juga perusahaan.

Pertamina EP Subang Field, Sub Holding Upstream Regional Jawa, telah melalukan upaya pencegahan dan penaggulangan Covid-19 melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

Kegiatan TJSL PEP Subang tidak hanya menyasar dalam bidang kesehatan, mengingat Covid-19 juga memunculkan beragam dinamika dan juga permasalahan sosial seperti ekonomi dan ketahanan pangan.

Baca juga  1 Juta Lebih Pegawai Terancam Gagal Terima Bantuan, Ini Biang Keroknya

Melalui program Jejak Setapak (Jerih Kerja Karawang, Semangat Petani Sehat Ketahanan Pangan Meningkat) PEP Subang menginisiasi program TJSL pertanian organik dan juga demplot akuaponik di Kelurahan Plawad, Kecamatan Karawang Timur, Kabupaten Karawang. Program Jejak Setapak digiatkan sejak tahun 2019 dengan melihat potensi pertanian padi organik di daerah ini.

Meluasnya pandemi Covid-19 di tahun 2020, pertanian organik dikembangkan dengan sistem akuaponik yaitu kolaborasi antara tanaman padi dan tani ikan. Pertanian organik yang mengoptimalkan potensi lokal melalui program Jejak Setapak ini menjadi salah satu upaya menjaga stabiitas ketahanan pangan masyarakat di kala Pandemi Covid-19.

Baca juga  Mengenal Apa Itu Margin dalam Bisnis dan Cara Menghitungnya

Selain melaksanakan program TJSL Pertamina EP Subang juga berfokus pada ketahanan energi nasional dengan hasil produksi mencapai 4.632 BOPD atau 104,02 % dari target minyak dan 186,607 MMSCFD atau 107,6 % untuk gas.

 

Galih Andika

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini