Connect with us

TNI

Danlanud Suryadarma Sambut Kedatangan Menhan ke Subang

Published

on

Foto : Danlanud Suryadarma Marsma TNI T Sembiring Meliala menyambut baik kedatangan Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Jenderal TNI (Pur) Ryamizard Ryacudu dalam rangka peresmian sarana dan Prototipe Nitrogliserin yang ada di PT Dahana Subang, rabu (7/3/8).

SUBANG, Lampusatu.com,-Danlanud Suryadarma Marsma TNI T Sembiring Meliala menyambut baik kedatangan Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Jenderal TNI (Pur) Ryamizard Ryacudu dalam rangka peresmian sarana dan Prototipe Nitrogliserin yang ada di PT Dahana Subang, rabu (7/3/8).

Rombongan Menhan RI tiba di PT. Dahana Subang pukul 11.36 Wib dan disambut oleh Direktur utama PT. Dahana dan jajarannya, Pjs. Bupati Subang Drs. H. Dady Iskandar, MM para pejabat Muspida Kabupaten Subang.

Dalam sambutannya Dirut PT Dahana H.Ahmad Antono menyampaikan,  bahwa PT. Dahana merupakan perusahaan yang bergerak dibidang bahan berenergi tinggi dengan menghasilkan barang dan jasa yang berdaya saing tinggi dan ramah lingkungan.

“Memenuhi kebutuhan bahan peledak komersial serta jasa-jasa pemanfaatannya, untuk dunia pertambangan dan konstruksi serta menyediakan bahan peledak untuk kepentingan pertahanan dan jasa terkait lainnya dengan dukungan Energetic Material Centre,”katanya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa Pembangunan industri propelan ini merupakan tindak lanjut kerjasama antara Litbang, Pindad dan PT. Dahana.

“Sehingga proyek ini dapat selesai. PT. Dahana juga bersinergi dengan PT. Pindad sehingga pada kesempatan ini juga akan dilakukan Penandatangan HoA antara PT. Dahana dan PT. Pindad,”jelasnya.

“Prototipe dan nitrogliserin merupakan bahan propelan yang dapat digunakan Dinamit, Roket, Munisi Besar dan Kecil. Saat ini pabrik nitrogliserin siap dilaksanakan dengan beberapa langkah lagi,” paparnya.

Pada kesempatan itu Menhan RI menyampaikan,  bahwa dengan diresmikannya industri propelan ini membuktikan kepada dunia bahwa kita sudah mandiri membuat alustita dan mampu berkiprah dikanca internasional.

“Ini bukan ambisius tapi realita karena bangsa indonesia adalah bangsa pejuang yang miliki kreatifitas dan potensi yang besar. Didalam menunjang kemandirian di industri pertahanan ini prototipe dan nitrogliserin merupakan kebutuhan dasar propelane,”paparnya

“Kita mampu dan bisa melalui kerjakeras mampu mewujudkan alustita TNI. Industri ini akan membatu menumbuhkan kemndirian dan kemampuan bangsa indonesia seperti halnya negara-negara lain industri pertahanan menunjukan negara yang maju,” jelasnya.

Menteri Pertahanan Republik Indonesia pada kesempatan itu menyaksikan penandatanganan HoA Propelan dan AN antara PT Dahana dan PT Pindad kemudian dilanjutkan dengan peresmian dan penandatanganan sarana dan prototipe Nitrogliserin yang ada di PT Dahana Subang.

Hadir pada acara tersebut juga
Deputi Bidang Pertambangan Industri Strategis dan Media Kementrian BUMN RI. F. Hary Sampurno, Kabalitbang Kemhan RI Ibu Anne Kusmayanti, Dewan Komisiaris PT Dahana, Direktur Utama PT. Dahana HR Budi Antono, PT.  Abraham Mose, Dirjen IKTA Kementerian Perindustrian Bpk. Achmad Sigit Dwiwahyono, Direktur Pertahanan dan Keamanan Bappenas Wisnu Utomo, Para Mitra Waskita Karya dan Bank BNI 46, Para Direktur BUMN Kluster National Defence and Hitach industry, Tim Pakar Nitrogliserin dan Unsur Muspida Subang.

Setelah berosai didepan gedung DPRD,  kemudian ia memombongan menuju kampus Dahana menyaksikan video profil PT Dahana tentang perjalanan PT. DAHANA yang telah berpengalaman lebih dari 50 tahun dan didukung oleh fasilitas lengkap, technologi terkini serta SDM yang terbaik dan selanjutnya menerima paparan dan laporan dari Kabalitbang Kemenhan RI dr. Anne Kusmayanti.