Connect with us

TNI

HPSN, TNI dan Polisi di Purwakarta Gelar Aksi Bersih-bersih Lingkungan

Published

on

Foto : Personil Polres Purwakarta dan prajurit TNI tengah melakukan bersihkan lingkungan.

SUBANG,Lampusatu.com – Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2020 di Kabupaten Purwakarta, diwarnai dengan aksi bersih-bersih lingkungan oleh personel TNI-Polri juga masyarakat Purwakarta, pada Jumat (21/2/2020).

Kegiatan yang diinisiasi oleh TNI AD dari Resimen Armed 2/1 Kostrad dan Polres Purwakarta itu dimaksudkan untuk mendorong partisipasi aktif warga Purwakarta untuk ikut peduli dengan masalah sampah.

Sebelum aksi bersih-bersih lingkungan dilaksanakan, ratusan personil TNI dari Resimen Armed 2/1 Kostrad, Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad bersama Polres Purwakarta.

Komandan Resimen Armed 2/1 Kostrad, Kolonel Arm Johanes Toar Pioh, mengatakan kebersihan lingkungan harus menjadi prioritas utama dalam membangun Sumber Daya Manusia.

Baca juga  Dulu Terkenal Sekolah Buangan, Kini MTsN 1 Purwakarta Jadi Favorit

Ditambahkannya, pihaknya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bekerjasama menjaga kebersihan lingkungan. Karena masalah kebersihan merupakan persoalan yang sangat kompleks sehingga perlu dukungan seluruh masyarakat.

“Peduli akan kebersihan lingkungan disekitarnya, merupakan suatu tindakan yang terpuji. Dengan lingkungan yang bersih dan rapi serta indah, tentunya akan sangat nyaman dan enak dilihat dan juga didiami karena lingkungan tersebut bebas dari kotor baik itu sampah yang berserakan, rumput liar maupun debu yang ada di lingkungan tersebut,” Kata Johanes, saat ditemui di sela-sela kegiatan.

Baca juga  Apresiasi Yohanis, Panglima TNI Bakal Prioritaskan Jika Ingin Menjadi Prajurit TNI

Menurutnya, warga harus ikut terlibat dalam aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan. Karena kalau yang kerja cuma aparat hanya akan sia-sia jika tidak didukung masyarakat.

“Kegiatan rutin ini, minimal dapat dengan rutin kebersihan akan terhindar dari bencana. kita biasakan dan lakukan dari hal terkecil, misalnya membersihkan lingkungan sekitar, dari halaman dan selokan (drainase, red),” imbuhnya.

Semetara, Kapolres Purwakarta AKBP Indra Setiawan melalui Wakapolres, Kompol Ijang Safei mengatakan, jika melalui kegiatan itu pihaknya berupaya memotivasi warga Purwakarta untuk ikut terlibat secara mandiri membersihkan sampah di lingkungan sekitar tempat tinggal masing-masing.

Baca juga  Ditinggal Mudik, Dua Buah Rumah di Purwakarta Ludes Terbakar

“Melalui tindakan nyata Polri dan TNI dalam melakukan giat bersih-bersih lingkungan ini, kami mengajak seluruh masyarakat Purwakarta untuk terus menjaga kebersihan lingkungan agar terwujudnya Purwakarta bersih bebas sampah. Jadi kita disini selain memberikan contoh kepada masyarakat kita juga ingin lingkungan kita jadi bersih,” ucapnya.

 

Alif