Connect with us

TNI

Keseruan Jurnalis Saat Meninjau Langsung Persiapan TMMD ke-108 Kodim 0605 Subang di Serangpanjang

Published

on

Foto : Sejumlah jurnalis berkesempatan untuk meninjau langsung progres atau persiapan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 Kodim 0605 Subang di Desa Cijengkol, Kecamatan Serangpanjang, Kabupaten Subang, kemarin Sabtu (27/6/20).

SUBANG,Lampusatu.com – Sejumlah jurnalis berkesempatan untuk meninjau langsung progres atau persiapan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 Kodim 0605 Subang di Desa Cijengkol, Kecamatan Serangpanjang, Kabupaten Subang, kemarin Sabtu (27/6/20).

Sejumlah jurnalis dari media cetak, online, radio dan televisi yang bertugas di wilayah Subang ini didampingi Pasiter Kodim 0605 Subang Kapten Arm Agus Suprijadi dengan Danramil Sagalaherang Kapten Inf Hernawan beserta anggotanya.

Kunjungan ke lokasi TMMD tersebut, yang dikabarkan akan dibuka secara resmi oleh Dandim 0605 Subang Letkol Arh Edi Maryono pada Selasa (30/6/2020)
Sebagai perkenalan bagi awak media untuk bahan liputan kegiatan TMMD.

Istimewa

“Sebelum pelaksanaan TMMD, atas perintah Pak Dandim, kita ajak teman-teman media yang nanti akan melakukan peliputan kegiatan TMMD Ke-108 di Kecamatan Serangpanjang. Kunjungan ini bertujuan, agar teman-teman media memiliki bahan untuk pemberitaan, sekaligus bahan untuk mengikuti lomba karya jurnalistik kegiatan TMMD Ke-108 Tahun 2020 Kodim 0605/Subang,” ujar Kapten Agus kepada wartawan di Subang, Sabtu (27/6/2020).

Istimewa

Agus mengungkapkan, sesuai tema TMMD Ke-108 Tahun 2010 Kodim 0605/Subang “Mengabdi Untuk Negeri”. Kodim 0605/Subang akan membangun pembukaan jalan lintas provinsi, yang menghubungkan Kecamatan Kalijati dengan Kecamatan Serangpanjang, sepanjang 8,7 KM, lebar 20 meter, sebagai sasaran pokok kegiatan TMMD Ke-108.

Baca juga  Tahan Dua Kontainer Berisi Miras, Pomdam XVII/ Cenderwasih Malah Dianggap Melanggar HAM

“Sesuai dengan tema TMMD “Mengabdi Untuk Negeri”, dengan sasaran pokok pembukaan jalan lintas provinsi. Sehingga dengan adanya jalan ini nanti warga masyarakat di Kecamatan Kalijati dan Serangpanjang, yang selama ini terisolir, dengan selesainya TMMD nanti, akan mempermudah masyarakat dalam kesulitan bertransportasi. Sekaligus dapat membantu meningkatkan tarap perekonomian masyarakat,” terangnya.

Istimewa

Selain itu dikatakannya, sasaran tambahan rehab rumah tidak layak huni (Rutilahu) milik warga di Kampung Kiqra Koneng II RT 09/03 Dusun III Awi Peuteuy Desa Talagasari Kecamatan Serangpanjang, sebanyak dua unit, pengecatan Mushola/Mesjid dua unit, dan pembangunan dua unut Pos Kamling di Desa Cinta Mekar Kecamatan Serangpanjang. Termasuk sasaran pembangunan non fisik mulai dari wawasan kebangsaa, bela negara, kesehatan, keagamaan, kamtibmas, penyuluhan kesehatan tentang protokol kesehatan menuju adaptasi kehidupan baru (AKB), olahraga bersama dan hiburan.

Baca juga  Perkuat Teritorial, Tiga Anggota Kodim 0605 Subang Dikirim ke Papua

“Selain sasaran pembangunan fisik, sasaran non fisik juga kita sentuh, terutama penyuluhan tentang protokol kesehatan menuju AKB. Jadi dalam kegiatan TMMD ini kita harapkan kehadiran TNI di tengah-tengah masyarakat, dapat membantu, sekaligus dapat bermanfaat bagi masyarakat,” tegas Agus.

Rombongan awak media lanjut Agus, selain memantau pembangunan pembukaan jalan lintas provinsi, yang sudah berjalan pada pra TMMD, sejak 11 April 2020 lalu. Juga di bawa meninjau ke lokasi rumah warga yang tersentuh program rutilahu, dalam kegiatan TMMD nanti. Untuk rutilahu akan dilaksanakan, pada Rabu 1 Juli 2020, atau sehari disetelah pembukaan TMMD.

Baca juga  Hari Juang TNI AD ke -74, Personel Kodim 0605 Subang Gotong Royong Bareng Warga Bersihkan Sungai Cigadung

“Saya harap kunjungan ini, dapat dijadikan bahan bagi teman-teman media, sebagai reperensi pemberitaan selama TMMD berlangsung, sedangkan untuk bahan lomba jurnalistik, teman-teman media bisa menggali bahan lebih banyak lagi di lokasi TMMD ini,” terangnya .

Sementara itu salah satu jurnalis Subang, Anwar mengaku senang bisa meninjau langsung lokasi TMMD ke-108 Kodim Subang. Tentunya hal tersebut, kata dia, bisa memonitoring langsung pra pelaksanaan TMMD untuk dijadikan bahan berita.

“Sinergitas ini sangatlah penting antara TNI dan Insan Pers agar pembangunan yang sedang dikerjakan bisa terpublikasikan ke masyarakat secara masif. Apalagi ada lomba jurnalistik, jadi kita bisa melihat situasi dan kondisi yang ada,”pungkasnya.

Galih Andika